Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kelompok Sadar Wisata, Gerakkan Masyarakat Kembangkan Pariwisata

BENGKULU, PB - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menggelar Pembinaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Se-Provinsi Bengkulu yang bertujuan meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan di daerahnya masing–masing. Pembinaan ini diikuti 50 orang perwakilan Pokdarwis dari seluruh Provinsi Bengkulu dengan narasumber Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata RI Drs Lokot Ahmad Enda MM dan Kepala UPTD Taman Budaya Bengkulu Drs BY Asril MMPar.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria SE MM mengungkapkan, Pokdarwis memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata. Dimana masyarakat dapat menciptakan gerakan sadar wisata dengan menciptakan kondisi yang kondusif kepada wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu.

“Masyarakat itu ujung tombak masalah pariwisata, sekuatnya pemerintah jika tidak didukung masyarakat tidak akan berhasil. Maka dari itu pentingnya masyarakat itu kita bina, kita bantu,” ungkap Yudi Satria saat Pembinaan Kelompok Sadar Wisata, Jumat (7/4).

Masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis menurut Yudi Satria harus memiliki kapasitas dan kemandirian serta berperan aktif dalam memupuk kepariwisataan di Provinsi Bengkulu. Untuk mendukung hal ini, tambah Yudi, Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukan pembinaan serta mengembangkan pariwisata melalui peningkatan peran serta masyarakat memajukan pariwisata.

“Pokdarwis merupakan salah satu kelompok yang memiliki peran dan kontribusi dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya sehingga dapat berperan efektif dalam turut menggerakan masyarakat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan,” tambah Kadis Pariwisata Provinsi Bengkulu ini.

Terakhir ia mengajak masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis untuk mengajak masyarakat serta menamkan kesadaran masyarakat akan arti pentingnya pariwisata.

“Saya mengajak masyarakat Provinsi Bengkulu yang tergabung dalam Pokdarwis untuk menjaring masyarakat pariwisata. Masyarakat yang ramah dan masyarakat yang mampu memberikan rasa aman, tertib, sejuk kepada wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Bengkulu,” jelas Yudi Satria. [Ms]