Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Karena Curug 9 Surganya Bengkulu Utara


Foto ANTARA

Kalau bicara mengenai wisata di Indonesia, pasti tidak akan ada habis-habisnya bukan. Indonesia kaya akan budaya maupun tempat wisata. Salah satunya yang terdapat di Pulau Sumatra bagian selatan. Lebih tepatnya di Provinsi Bengkulu.

Bengkulu merupakan kota yang terkenal dengan bunga nan langka dan unik. Rafflesia Arnoldi namanya. Namun, selain memiliki bunga Rafflesia sebagai ciri kekhasan Bengkulu, kota kecil ini juga menyimpan sejuta keindahan alamnya yang menawan dan elok dipandang.

Sebut saja Pantai Panjang, Pantai Linau, Sungai Suci, Danau Dendam Tak Sudah, Telaga Putri Tujuh Warna, Pulau Tikus, dan masih banyak lagi. Selain objek wisata tersebut, ternyata tersimpan satu objek wisata yang tidak kalah saing. Kalian semua pasti penasaran bukan?

Baiklah disini saya akan mengulik sedikit mengenai objek wisata tersebut. Curug 9 sebutannya. Tidak banyak yang tahu apa itu Curug 9, sebab, dari namanya saja sudah aneh, apalagi letak maupun keberadaannya. Curug 9 itu sendiri memiliki arti, dimana “Curug” artinya air terjun sedangkan angka 9 itu sendiri menggambarkan bahwa air terjun tersebut memiliki aliran yang bertingkat-tingkat hingga mencapai 9 tingkatan.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Curug 9. Entah itu dari penduduk asli Bengkulu maupun luar provinsi Bengkulu. Tidak sedikit yang berdecak kagum melihat pesona keindahan dan keeksotisan dari air terjun sembilan tingkat itu sendiri.

Memang jarak yang ditempuh untuk sampai kelokasi tersebut tidaklah semudah membalikkan kedua telapak tangan, pun tidaklah semudah mengedipkan kedua kelopak mata. Perlu perjuangan yang ekstra untuk mencapai lokasi tersebut, karena medan yang ditempuh lumayan berat. Untuk mengunjungi objek wisata tersebut, disarankan untuk mempersiapkan kondisi fisik sebaik mungkin.

Curug 9 terletak dikawasan hutan lindung alami yang masih sangat asri, areal perbukitan yang tajam, pepohonan yang lebat dan semak belukar menjadi sahabat karib yang akan menemani perjalanan kalian. Namun semua kelelahan dan keletihan pada saat diperjalanan akan terbayar lunas ketika kalian tiba dilokasi.

Seperti halnya, air terjun memiliki aliran yang jatuh lurus dari atas kebawah, namun berbeda dengan air terjun Curug 9 tersebut, aliran yang jatuh dari puncak bukit akan membentuk tingkatan-tingkatan air yang mengalir dan melewati liku-liku tingkatan disela-sela hijaunya tumbuhan.

Di siang hari pada saat cuaca cerah, seringkali terlihat pemandangan yang akan membuat mata kalian terpana, pemandangannya adalah biasan pelangi yang terbentuk dari uap air yang mengalir dari air terjun tersebut. Tak jarang derik serangga dan kicauan burung-burung akan menemani kalian menikmati indahnya karya Sang Pencipta.

Bingung, bagaimana akses yang akan ditempuh untuk tiba kelokasi tersebut? Jangan khawatir. Disini saya akan memberikan info agar kalian semua bisa sampai kelokasi air terjun tersebut. Jarak tempuh air terjun Curug 9 dari Bandara Fatmawati Bengkulu kurang lebih 120 kilometer. Kalian bisa menggunakan jalur jalan tengah melewati Kabupaten Bengkulu Tengah selanjutnya menelusuri Kabupaten Bengkulu Utara.

Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Padang Jaya. Selanjutnya kalian harus berjalan kaki menuju desa terakhir. Bagi kalian yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut, jangan khawatir akan tersesat ditengah hutan karena tersedia jasa pemandu yang siap menemani dan mengantarkan kalian hingga sampai kelokasi tujuan. Tunggu apalagi, jangan sia-siakan kesempatan kalian untuk berkunjung ke Curug 9 ya. Karena Curug 9 surganya Bengkulu Utara. [Atika Septia Sari‎/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]