Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Danau Mas Harun Bastari, Cekungan Bumi yang Dikelilingi Bukit Hijau Nan Asri

Indonesia memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang cukup melimpah di dalamnya. Banyak orang asing yang mencuri pandang mengenai wilayah Indonesia. Seberapa menariknya keindahan Indonesia menurut sobat? Wisata apa saja yang pernah sobat kunjungi?

Ada yang tahu itu Bumi Rafflesia? Pasti sobat bertanya-tanya bukan? Mungkin kedengarannya cukup aneh tapi kita dibuat penasaran tentang itu. Bumi itu kan nama dari sebuah planet, dimana tempat makhluk hidup tinggal didalamnya. Tapi kenapa namanya Bumi Rafflesia ya?

Bumi Rafflesia itu letaknya ada diprovinsi Bengkulu bagian pulau Sumatera. Nah, dijuluki sebagai Bumi Rafflesia itu disebabkan karena disini kita hanya dapat menemukan bunga Rafflesia Arnoldi yang sangat unik dan indah. Kenapa dia unik? Hal ini dikarenakan bunga ini hanya tumbuh dengan subur di wilayah Bengkulu saja. Kadang kala, bunga ini tidak selalu mekar setiap waktu atau tumbuh pada satu tempat saja. Penasaran tidak sobat dengan Bumi Rafflesia?

Bukan itu saja, kamu juga dapat menemukan keindahan yang lain dari Bengkulu. Apakah itu? Mungkinkah sebuah keajaiban dunia? Mari kita telusuri Bengkulu dan segala isinya. Wilayah Bengkulu cakupannya cukup luas. Terdiri dari berbagai daerah mulai dari kabupaten, kecamatan bahkan desa sekalipun.

Pernah mendengar Kota Curup? Curup masih bagian dari Provinsi Bengkulu. Kira-kira butuh waktu 2 jam untuk pergi kesana. Jika kamu datang ke Curup, rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Yaitu Danau Mas Harun Bastari atau yang sering dikenal dengan Danau Mas. Sebuah aset kekayaan alam berupa cekungan bumi yang indah dan dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau.

Untuk lokasinya, danau ini berada di perbatasan antara Kota Curup dan Kota Lubuk Linggau. Tepatnya berada di Kecamatan Selupung Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menempuh jarak kurang lebih 95 Km kearah barat jika dari pusat Kota Bengkulu.

Lokasinya tidak sulit untuk ditemukan, karena letaknya yang berada di pinggir jalan lintas Curup-Lubuk Linggau. Dari jalan raya pun sobat sudah bisa melihat danau ini.

Mungkin kamu bertanya-tanya dalam hati kecil, “apa yang membuat danau ini spesial?”. Satu keunikan yang ada di danau ini yaitu terdapat sebuah pulau yang berbentuk huruf C. Warga sekitar mengatakan bahwa huruf C tersebut melambangkan nama Kota Curup.

Selain itu, untuk mendukung wisata bengkulu ini, pemerintah kota setempat pun telah membangun beberapa sarana dan prasarana bagi sobat yang ingin datang ke Danau Mas ini contohnya pos penjagaan, penginapan, WC umum, tempat parkir yang luas, dan flying fox.

Tidak itu saja, ada juga fasilitas perahu kecil dan sepeda air yang digunakan untuk melihat keindahan danau disepanjang arus air yang mengiringinya.

Namanya Curup, jelas disana pasti dingin karena termasuk dataran yang tinggi. Jika kamu ingin berkunjung ke Danau Mas ini jangan lupa ya membawa jaket tebal, karena udara disini lumayan dingin. Tidak kalah dingin dari Seoul.

Tempatnya yang masih asri, sejuk dan nyaman membuat mata enggan mengalihkan pandangan kearahnya. Ayo cari tahu dari sekarang, jangan sampai ketinggalan ya! [Winxi Simatupang/Komunitas Ayo Menulis Bengkulu]