Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Peneliti Temukan Planet Serupa di Film Star Wars


Ilustrasi Planet dalam Film Star Wars

Peneliti asal Inggris menemukan bukti keberadaan planet dengan keadaan serupa di film Star Wars. Planet yang diperkirakan berjarak 100 juta cahaya dari Bumi ini adalah planet berbatu.

Sejumlah ilmuwan dari University College London mendapati sisa-sisa reruntuhan planet yang mengitari dua matahari sekaligus di sistem SDSS 1557. Berdasarkan penelitian yang mereka publikasikan di jurnal Nature Astronomy, sisa-sisa planet itu mengitari dua matahari kerdil berwarna coklat dan putih.

Sebagaimana dirilis CNN indonesia, ini merupakan temuan pertama yang sanggup membuktikan ada planet yang benar-benar mengitari dua matahari. Hal seperti ini sebelumnya pernah tercermin di film Star Wars.

Dalam film rekaan George Lucas itu ada sebuah planet bernama Tatooine yang juga kampung halaman Anakin Skywalker, salah satu tokoh utama di kisah Star Wars.

Sebelumnya para peneliti planet ragu ada planet padat yang sanggup mengitari dua matahari. Biasanya planet yang ditemukan di keadaan seperti itu hanya planet yang didominasi unsur gas semisal Jupiter.

"Terciptanya planet berbatu di sekitar dua matahari cukup sulit karena tarikan dan dorongan gravitasi kedua bintang bisa mencegah batuan serta debu saling melekat untuk membentuk planet utuh," tutur Jay Farihi, salah seorang peneliti dari UCL seperti dikutip dari laman resminya, Senin (27/2).

Reruntuhan planet tersebut diperkirakan mengandung sejumlah unsur logam yang familiar di Bumi seperti silikon dan magnesium.

Menurut Farihi, penemuan ini juga membuktikan tanda-tanda planet berbatu tercipta dari kumpulan asteroid besar yang menyatu. Itu sebabnya eksoplanet di sistem matahari ganda begitu berbatu.

Penemuan ini juga sejalan dengan prediksi tahun lalu bahwa planet berukuran Bumi akan lebih banyak ditemukan, terutama planet-planet yang mengorbit di dua bintang. (**)