Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tim SAR Temukan Korban Gempa Aceh, 102 Orang Meninggal Dunia

dpr-perintahkan-pemda-segera-bantu-korban-gempa-di-aceh-imxdookskdACEH, PB - Tim SAR terus melakukan pencarian dan penyelamatan korban gempa bumi 6,5 SR di Aceh selama masa tanggap darurat. Pada Senin siang (12/12/2016) tim SAR menemukan satu korban meninggal atas nama Devi Srijalani (22) di Pidie. Fokus utama tim SAR saat ini membantu membersihkan puing-puing bangunan.

Baca juga: Gempa Pidie Jaya, Gubernur Aceh Tetapkan Status Tanggap Darurat

"Dengan demikian jumlah korban meninggal dunia akibat gempa Aceh adalah 102 orang dimana 96 di Pidie Jaya, 4 orang di Pidie dan 2 orang di Bireuen. Korban luka-luka 857 orang. Pengungsi 83.838 orang tersebar di 124 titik," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Dia menerangkan sebanyak 4.836 personil dari kementerian, lembaga, TNI, Polri, pemda, relawan, NGO, organisasi masyarakat dan lainnya masih melakukan penanganan darurat. Pemerintah mendampingi pemerintah daerah, baik dana, logistik, peralatan, manajerial dan tertib admistrasi.

"Kepala BNPB terus di lokasi bencana untuk mengkoordinir potensi nasional untuk membantu pemerintah daerah," imbuhnya.

Hingga saat ini, Sutopo mengaku, bantuan terus berdatangan ke posko utama. Selain itu, jumlaj pengungsu jug bertambah disebabkan masih seringnya gempa susulan. BMKG mendata sudah 88 kali gempa susulan.

"Masyarakat takut dan khawatir adanya guncangan sehingga merasa nyaman di pengungsian," ucapnya.

Sementara itu, masalah penyediaan air bersih belum semuanya melayani titik pengungsian dengan baik. Kondisi sumur banyak yang kering dan dangkal pasca gempa. Jika pun ada airnya keruh sehingga tidak dapat dikonsumsi.

Untuk trauma healing, kegiatan psikososial dan pelayanan kesehatan dilakukan kepada pengungsi. Klaster nasional penanganan pengungsi, klaster kesehatan dan klaster logistik terus melayani pengungsi.

"Kebutuhan mendesak sandang dan pangan, MCK, air bersih, relawan, tenda dan shelter, kebutuhan bayi, sarung, mukena dan lainnya. Posko utama terus menyalurkan bantuan ke pengungsi," kata dia. [IC]