Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

UKM Tulang Punggung Pembangunan Pariwisata

15086949_1323240684375246_2109717686_nBENGKULU, PB - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan potensi Provinsi Bengkulu untuk menjadi daerah pariwisata sangat besar. Namun dibutuhkan upaya yang keras dalam promosi guna meningkatkan popularitas tanah Fatmawati ini di kancah nasional maupun internasional.

Untuk meningkatkan popularitas ini, Puspayoga mengatakan, pemerintah daerah harus mendorong kreativitas masyarakat, terutama dalam optimalisasi UKM. Dia pun minta agar usaha kecil yang saat ini sudah tumbuh tak disia-siakan dan bisa dijadikan modal awal untuk selanjutnya dikembangkan.

"Di sepanjang pantai ada UKM dan pedagang-pedagang, ini potensi walau belum tertata tapi menunjukkan bibit-bibit wirausaha yang tumbuh," katanya, Jumat (18/11).

Menurutnya, UKM dan pariwisata merupakan dua hal yang saling terkait dan sulit dipisahkan satu sama lain. "Pariwisata tidak akan maju tanpa UKM demikian juga sebaliknya, oleh karena itu mari kita bersinergi membangun bangsa ini karena NKRI tidak akan terbentuk tanpa silaturahmi," demikian ia menyampaikan.

Menteri berdarah Bali itupun mengapresiasi visi Pemerintah Provinsi Bengkulu di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Mukti yang memiliki visi pembangunan yang jelas menuju Bengkulu 2020 termasuk pengembangan pariwisata.

"Bengkulu memiliki potensi pariwisata yang melimpah dengan garis pantai yang panjang, didukung pariwisata budaya dengan seni dan budaya yang masih terpelihara dengan baik," bebernnya.

Tak hanya itu, kata dia, Bengkulu juga memiliki ikatan historis yang kuat dengan bangsa-bangsa Eropa sehingga potensial menarik kunjungan wisatawan dari kawasan tersebut. "Tinggal bagaimana memasarkannya termasuk menata dengan baik UKM-nya hingga menyiapkan infrastrukturnya," ucapnya. [GP]