Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Rebut Ratusan Juta Rupiah di Karnaval Batik Nusantara

walikota-helmi-hasan-mengenakan-kain-batik-besurek-1BENGKULU, PB - Karnaval Batik Kain Besurek Nusantara yang akan diselenggarakan 18 November 2016 mendatang ditargetkan mampu menghadirkan ratusan ribu warga. Guna menyemarakkan kegiatan ini, Pemerintah Kota Bengkulu telah menyiapkan hadiah dengan total hingga ratusan juta rupiah.

"Rangkaian acara akan berlangsung dari tanggal 18 hingga 20 November. Kita menyiapkan hadiah dan trophy dengan total hingga ratusan juta rupiah. Ada lomba bebunyian dol, karnaval batik sendiri dengan berbagai kelompok mulai dari SD, SMP, SMA, SKPD, sanggar-sanggar hingga umum," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparkref) Kota Bengkulu Tony Elfian, Rabu (2/11/2016).

Peserta karnaval dan pameran, lanjutnya, tidak dipungut biaya alias gratis. Pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Disparekraf Kota Bengkulu atau menghubungi Lidya di nomor telepon 081279660092 atau Hendri di nomor telepon 081367026411.

"Disitu juga akan ada workshop prospek usaha pengebangan busana etnik, bazzar, malam pesta seni, Bengkulu expo, dan lain-lain. Kita sudah mengundang pihak kementerian, utusan kabupaten dan kota, pelaku usaha, sanggar dan organisasi se Indonesia, para duta besar negara asing, wisatawan dan lainnya. Sebagian sudah ada yang konfirmasi untuk hadir," paparnya.

Pada karnaval ini, para pegiat batik akan turun ke jalan dan melakukan long march sejauh dua kilometer dari Stadion Semarak Sawah Lebar hingga Lapangan Viewa Tower. Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, penggagas kegiatan ini, berharap kegiatan ini dapat menjadi momentum kebangkitan industri batik Indonesia di mata dunia.

Pemerintah Kota Bengkulu sendiri akan menampilkan berbagai motif Batik Besurek seperti motif kaligrafi, bunga rafflesia, batu akik teratai dan lain sebagainya. Pada dua tahun sebelumnya, seluruh batik di Provinsi Bengkulu ludes terjual menjelang kegiatan semacam ini diselenggarakan.

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan sendiri telah menetapkan tanggal 18 November sebagai Hari Kain Besurek sejak tahun 2014 silam. Tanggal itu diambil bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bengkulu dan HUT Rakyat Bengkulu Televisi (RBTV). [RN]

Baca juga :