Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Akreditasi Enam Puskesmas Diusulkan

ilustrasi-puskesmas_20160627_212446REJANG LEBONG, PB - Dinas Kesehatan Rejang Lebong telah mengajukan usulan akreditasi terhadap enam Puskesmas yang ada di Rejang Lebong ke pihak Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Enam puskesmas tersebut diantaranya, Puskesmas Curup, Puskesmas Batu Galing Kecamatan Curup Tengah, Puskesmas Curup Timur, Puskesmas Kampung Delima Kecamatan Curup Timur, Puskesmas Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang dan Puskesmas Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara.

"Saat ini kita tengah gencar melakukan persiapan penilaian akreditasi Puskesmas oleh tim surveior dari Jakarta yang akan datang pada 7 November mendatang ke Rejang Lebong nanti," ujar Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Asli Samin, Kamis (3/11/2016).

Dijelaskan Asli, untuk tahap pertama tim surveior yang berjumlah tiga orang tersebut akan turun dan melakukan penilaian akreditasi di Puskesmas Curup saja dan tidak keseluruh Puskesmas yang diajukan dan telah dilakukan penilaian oleh tim akreditasi Propinsi.

"Beberapa waktu lalu, kita ajukan itu memang enam Puskesmas, namun untuk tahap pertama yang akan dinilai oleh tim akreditasi dari pusat sebanyak tiga orang ini adalah Puskesmas Curup. Yang lain nanti akan dilakukan penjadwalan ulang. Sebab 3 orang yang datang ini khusus melakukan penilaian persiapan akreditasi untuk Puskesmas Curup," jelas Asli.

Dikatakan Asli, banyak hal yang akan dilihat dan dinilai langsung oleh tim tersebut. Sehingga dibutuhkan kesiapan dari semua pihak, terutama pihak Puskesmas Curup, termasuk dukungan dari Pemerintah Kecamatan Curup dan Kabupaten baik eksekutifnya maupun legislatif.

"Mereka selama tiga hari akan melakukan penilaian dengan mendatangi langsung Puskesmas Curup, mereka akan melihat standar administrasi dan manajemen mulai dari penyelenggaran pelayanan, kepemimpinan dan manajemen Puskemas serta peningkatan mutu Puskesmas," jelas Asli.

Selain itu tim surveior akreditasi Puskesmas selama melakukan penilaian juga akan melihat standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku di Puskesmas Curup. Mulai dari standar program Puskesmas,hingga ke standar pelayanan Puskesmas, serta masih banyak lagi lainnya yang akan diamati dan dinilai langsung nantinya.

"Maka dari itu sangat dibutuhkan dukungan semua pihak untuk mensukseskan akreditasi Puskesmas di Rejang Lebong ini," kata Asli. [Ifan]