Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

BMKG: Waspada Peningkatan Potensi Karhutla

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla)JAKARTA, PB - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir dari pemantantauan Citra Satelit Himawari, ada sebaran asap yang cukup pekat di bagian barat provinsi Riau yang mengindikasikan adanya area kebakaran lahan yang cukup luas.


(Baca juga: 5 Titik Api Terdeteksi di Bengkulu)


Dengan adanya daerah belokan angin serta dominasi angin yang berhembus menuju arah timur maka diindikasikan sebaran asap akan berpotensi terus mengarah ke negara tentangga seperti Malaysia dan Singapura.


Selain itu, BMKG meminta agar Sumatera bagian Barat yang terindikasi memiliki potensi sangat mudah untuk terjadi kebakaran hutan dan lahan untuk turut waspada. Serta tingkat pengendalian kebakaran hutan dan lahan pada tingkat sulit hingga sangat sulit terutama dalam lima hari kedepan.


"Wilayah yang termasuk dalam kategori tersebut antara lain :Riau, Sumatera Utara, Jambi, Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu dan sebagian Sumatera Selatan," demikian bunyi siaran resmi BMKG.


Memantau kondisi dinamika atmosfer, BMKG menghimbau kepada seluruh instansi terkait untuk meningkatakan kewaspadaan terhadap potensi peningkatan kebakaran hutan dan lahan.


Masyarakat diimbau agar tidak melakukan aktifitas pembakaran lahan serta bagi masyarakat yang wilayahnya telah tercemari polusi asap agar dapat mengantisipasi dampaknya dengan menggunakan masker dan menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. [IC]