Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

APBDP 2016, BS Anggarkan Rp 6,5 Miliyar untuk Sekolah Gratis

20160820_094622BENGKULU SELATAN, PB - Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Selatan bakal memasukkan anggaran sebesar Rp 6,5 Miliyar untuk program pendidikan/sekolah gratis mulai dari tingkat SD sampai SMA.

Hal tersebut tertuang dalam Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA PPAS) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) Bengkulu Selatan tahun 2016. Kepemimpinan Dirwan-Gusnan komitmen pada Tahun Ajaran Baru, Pemkab BS Terapkan Pendidikan Grati.s

"Pada APBDP nanti kita anggarkan Rp 6,5 Miliyar untuk pendidikan atau sekolah gratis. Mulai dari tingkat SD hingga SMA. Itu untuk satu tahun ajaran. Terkait bagaimana hitugannya, berapa jumlah anggaran yang akan diterima oleh sekolah dan berapa Rupiah bantuan untuk setiap siswa SD, SMP atau SMA itu diserahkan ke instnsi teknis" ujar Ketua DPRD Bengkulu Selatan Yevri Sudianto diamini oleh Assisten II setda BS Mardiansyah.

Lanjutnya, pada APBD Perubahan ini Bengkulu Selatan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) mencapai Rp 95 Miliyar. Dengan rincian Bidang Bina Marga PU mendapat DAK senilai Rp 93 Miliyar dan DAK kesehatan bidang pelayanan rujukan di RSUD senilai Rp 7 Miliyar dan sisanya meruapakan Silpa.

Ditambahkan Assisten II Setda BS Mardiansyah, meski pada APBD Perubahan jumlah pendapatan mengalami kenaikan, namun pada dasarnya secara umum mengalami pengurangan. Diantaranya penerimaan dari DAK reguler mengalami pengurangan sebesar Rp 10 Miliyar ditambah pengurangan dana bagi hasilyang nilainya mencapai Rp 11 Miliyar.

"Jumlahnya memang bertambah, tapi sebenarnya itu telah pengurangan. Untuk DAK reguler itu memang sudah dikurangi pada APBD sebelum perubahan, hanya saja pengurangannya baru dimasukkan dalam APBDP. Adanya pengurangan ini bukan hanya pada Bengkulu Selatan, namun secara keseluruhan se Indonesia. Ini karena alasan perubahan struktur ekonomi makro secara nasional," tambah Mardiansyah.

Untuk diketahui, program pendidikan gratis di Bengkulu Selatan telah dimulai pada tahun ajaran baru 2016/2017. Itu diawali dengan penghapusan pungutan uang komite di seluruh sekolah dari SD hingga SMA.

Untuk menutupi kekurangan biaya operasional yang dibiayai oleh pemerintah pusat dari dana BOS, maka Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan akan memberikan bantuan dana ke masing-masing sekolah untuk mengakomodir program sekolah gratis melalui APBD Perubahan senilai Rp 6,5 Miliyar. (Apdian Utama)