Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Potensi Zakat Penghasilan PNS di BS Capai Rp 3,5 Miliar

dirwan halal bi halal bs

 

 

 

 

 

 

 

BENGKULU SELATAN, PB - Jika dikelolah dengan baik, maka zakat bisa berperan besar dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial serta dapat ikut andil dalam pembangunan. Salah satunya adalah zakat penghasilan atau zakat profesi.

Di Kabupaten Bengkulu Selatan, dari total Pegawai Negeri Sipil (PNS) 6000 orang lebih berpotensi mengumpulkan zakat mencapai Rp 3,5 Miliar. (Baca juga: Salurkan Zakat ke 300 Warga, Dirwan Canangkan Infaq Rp 2 Ribu per Jumat)

"Total PNS yang ada di Bengkulu Selatan ini 6 ribuan lebih. Jika dikalkulasikan, kalau seluruhnya bayar zakat maka zakat yang terkumpul itu bisa mencapai Rp 3,5 Miliar bahkan bisa lebih. Jumlah yang luar biasa," ujar Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud pada saat sambutan dalam acara hala bihalal Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Kamis (14/7/16) dii gedung reptaloka kompleks kantor Bupati Bengkulu Selatan.

Untuk itu, Bupati mengimbau kepada PNS yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan agar bisa membayar zakat atau infaq dan sedekah melalui Badan Amil Zakat (BAZ) ataupun Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di SKPD masing-masing.

"Bayangkan jika zakat yang terkumpul dengan nilai begitu tadi, saya pikir ini bisa memberikan manfaat yang luar biasa. Bisa membantu fakir miskin, bisa membayar honor imam dan pengurus masjid, guru ngaji dan lain sebagainya. Selama ini kan pengurus Masjid masih ada yang hanya bergaji Rp 60 ribu perbulan dan dibayar setiap enam bulan sekali. Coba bayangkan, untuk mengurus Masjid dan mengurus agama ini hanya diberikan honor sekecil itu," tambah Dirwan.

Sementara itu Ustad Zazili yang juga Ketua Pengadilan Agama Manna saat menyampaikan ceramah agama pada acara halal bihalal menyampaikan bahwa pentingnya mengajarkan anak-anak akan ilmu agama dan Alquran sedini mungkin untuk menjadi perisai dalam menjalani hidup dan kehidupan.

Di samping itu, Zazili juga mengajak menjadikan momen lebaran dan bulan Syawal ini sebagai momen untuk bertaubat dana memohon ampun kepada Allah atas segala dosa.

"Sebesar apapun dosa kita, kalau bertaubat denga taubat nasuha akan diampuni oleh Allah dan bisa meraih surga-NYA Allah SWT," ujar Zazili yang terkenal dengan mode ceramah yang kocak ini.

Halal bihalal Pemda Kabupaten Bengkulu Selatan kali ini mengambil tema 'kita berharap suasana keakraban dan kondusifitas di lingkungan Setda Kabupaten Bengkulu Selatan'. (Apdian Utama)