Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Cek Kualitas Bahan Pangan, Disnakan Sambangi Pasar Rejang Lebong

Pasar Tradisional RL (1) Pasar Tradisional RL (2)

 

 

 

 

 

REJANG LEBONG, PB - Ratusan pedagang ditiga kawasan pasar tradisional Rejang Lebong, Rabu pagi (29/06) mendadak heboh. Ini lantaran belasan petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejang Lebong dibantu para dokter hewan melakukan pengecekan kualitas bahan pangan jenis daging di pasar tersebut.

Lihat jugaDisperindag Tegur Pedagang Pengguna Neraca Kecil

Pasar yang disambangi diantaranya, Pasara De, Pasar Atas dan Pasar Bangmego. "Untuk saat ini, kulitas bahan pangan jenis daging yang dijual para pedagang dalam kondisi baik. Tidak ada temuan penyakit yang di kandung dagaing yang dijual para pedagang," ujar Kepala Disnakan RL, Amrul Eby.

Dikatakan bahan pangan daging yang dicek diantaranya daging ayam, daging sapi, daging kerbau dan ikan. Setiap lapak pedagang didatangi dan diambil uji sampel bahan pangan yang dijual oleh pedagang.

"Biasanya, kita ada temuan penyakit cacaing hati yang diderita ternak jenis sapi dan kerbau tetap dijual di para pedagang. Biasanyam cacing hati ini terlihat saat kita memeriksa kualitas hati terbak yang dijual. Tetapi, tahun ini tidak sama sekali kita temukan penyakit tersebut," ujar Eby.

Dihimbau Eby, bagi warga serta para penjual daging saat akan merayakan Idul fitri mendatang dapat melakukan pengecekan hewan yang akan dipotong ke puskeswan tersebih dahulu. "Sehingga, daging yang dijual dan akan dikonsumsi oleh warga adalah dagaing yang benar-benar kualitasnya sehat," ujar Eby. (Ifan)