Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

24 Ikan Paus Selamat, 8 Mati

pausPROBOLINGGO, PB - 24 dari 32 ekor ikan paus terdampar di Desa Randu Pitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur berhasil diselamatkan oleh tim gabungan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, BKSDA, BPBD Kabupaten Probolinggo, TNI, Polri, SKPD, relawan, dan masyarakat. Sayang, 8 ekor ikan paus mati lantaran kekurangan oksigen.

Lihat juga: Temuan Mengejutkan LIPI di Pulau Enggano

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan proses evakuasi 32 ikan paus yang terdampar di dekat hutan mangrove itu dilakukan dengan hati-hati. Saat air laut pasang maka 24 ekor ikan paus berhasil dilepas ke laut dengan selamat.

Diperkirakan ikan paus tersebut terdampar akibat cuaca ekstrem yang terjadi sebelumnya. Hal ini membuat konsentrasi oksigen berkurang di perairan laut dalam. "BPBD membantu instansi yang berwenang dalam penyelamatan ikan paus," kata Sutopo dalam rilisnya, Kamis (16/6/2016).

Sontak, Sutopo menyampaikan fenomena ini juga disaksikan banyak warga yang ada di daerah tersebut. Beberapa juga ikut membantu proses penyelamatan. "Masyarakat banyak berdatangan melihat ikan laut terdampar," kata dia. [GP]