Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gubernur Bengkulu Luncurkan SMSbunda

BENGKULU, PB - Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti bekerjasama dengan lembaga nirlaba Jhpiego meluncurkan SMSbunda.Hal ini merupakan rangkaian k...

Hari Malaria SeduniaBENGKULU, PB - Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti bekerjasama dengan lembaga nirlaba Jhpiego meluncurkan SMSbunda.Hal ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Malaria Sedunia yang dipusatkan di Bukit Peninjauan II, Kabupaten Seluma, Senin (25/4/2015).

Program Director SMSbunda Sushanty mengatakan peluncuran SMSbunda untuk meningkatkan kesadaran ibu hamil dan ibu yang memiliki anak hingga usia dua tahun untuk menjaga kesehatannya. "SMSbunda merupakan layanan SMS gratis berisi informasi tentang kesehatan dan bayi hingga usia dua tahun," ujar Sushanty.

Layanan yang dikembangkan Jhpiego dan GE Foundation bersama Kemenkes RI ini, lanjutnya, akan berisikan konten SMS yang disesuaikan dengan pedoman Kemenkes. Dengan demikian, program ini akan membekali ibu dengan pengetahuan kehamilan dan nifas, prilaku hidup bersih sehat dan tanda-tanda bahaya, sesuai dengan usia kehamilai atau usia bayi.

"Yakni dari trimester pertama hingga 42 hari setelah melahirkan," imbuhnya.

(Baca juga: Dua Program Tekan Angka Kematian Bayi dan Ibu Hamil)

Oleh karena itu, ia menambahkan pesan singkat yang disampaikan kepada setiap ibu yang mendaftar berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi ibu, seperti usia kehamilan atau usia anak.

"Tujuannya adalah mengingatkan ibu tentang kondisi-kondisi bahaya yang mungkin dihadapi. Dengan demikian, mereka bisa melakukan antisipasi sejak dini dan menjaga kehamilannya atau anaknya dengan lebih baik," katanya.

SMS yang dikirimkan ke ibu hamil atau ibu yang memiliki anak hingga usia dua tahun sifatnya satu arah dan bukan merupakan SMS interaktif. "Program ini diluncurkan secara nasional pada April di Monas, dan tanggapan para ibu sangat baik bahkan mereka memberikan masukan agar menambahkan informasi seperti program KB," jelasnya.

Sejak peluncuran itu, Sushanty mengklaim manfaat SMSbunda sudah dirasakan ibu hamil dan keluarga di 234 kabupaten/kota Indonesia. Untuk Provinsi Bengkulu, program ini sudah diluncurkan di 2 kabupaten, yakni Kepahiang dan Rejang Lebong.

"Dan pada hari ini diluncurkan di Seluma, dan secara resmi juga Gubernur Bengkulu akan meluncurkan program ini  di 7 kabupaten/kota lainnya," pungkasnya. [IC] / [Dhewy Sandra]