Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kota Impian di Satu Hamparan

Helmi Hasan PidatoBENGKULU, PB - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan terus mematangkan rencana pembangunan Kota Impian. Baru-baru ini, Wali Kota yang khas dengan jenggotnya ini telah meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu untuk memastikan bahwa lahan Kota Impian tersebut berada dalam satu hamparan.

Baca juga : Lahan Kota Impian Tak Kunjung Ditemukan dan Taman Religi 2016, Kota Impian 2017

"Kita ingin proyek Kota Impian ini terlaksana dengan baik. Ada sekolah terbaik disana, ada fasilitas kesehatan terbaik disana, ada pusat perbelanjaan yang baik disana. Pemerintah Kota akan mendukungnya dengan infrastruktur," kata Helmi saat menyampaikan pidato dalam Soft Opening Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bengkulu, Kamis (17/3/2016).

Ia menjelaskan, program ini memang diawali dengan proyek Seribu Rumah untuk PNS. Namun, Helmi menekankan, bilamana memungkinan, maka ia juga akan mengusulkan Seribu Rumah untuk honorer. Karenanya, keberadaan program Seribu Rumah untuk PNS tersebut dalam satu hamparan selalu dipertegas oleh politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini kepada Dinas PU Kota Bengkulu.

"Proyek ini kita awali dengan Seribu Rumah untuk PNS. Bila memungkinkan, pada tahun berikutnya kita perjuangkan Seribu Rumah untuk honorer. Di kawasan ini Pemerintah Kota akan membangun jalan, drainase dan semua yang memungkinkan pembiayaannya melalui APBD," tukas Helmi.

Sementara Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain, menyatakan, berdasarkan pengamatannya sebagai wakil rakyat, sejumlah titik lahan dapat digunakan untuk pembangunan Kota Impian tersebut. Diantaranya di Kelurahan Sumber Jaya, Betungan, Pekan Sabtu, Bentiring dan Sungai Hitam.

"Kebutuhan program Seribu Rumah untuk PNS sendiri membutuhkan 20 hektar lahan. Beberapa opsi bisa diambil. Misalnya di Betungan itu ada 30 hektar. Di Sumber Jaya ada 12,5 hektar lahan yang akan dihibahkan oleh PT Pelindo kepada warga. Semua ini memungkinkan untuk digunakan. Yang jelas dari dewan kita minta agar asas manfaat antara lahan yang ada dengan kehidupan masyarakatnya dapat diprioritaskan," ujar Teuku.

Sebelumnya, Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas PU Kota Bengkulu Safriandi, menyatakan, program Kota Impian akan diakomodir pada tahun 2017 mendatang. Namun perencanaan pembangunan Kota Impian tersebut telah dianggarkan dalam APBD Kota Bengkulu tahun 2016.

Beberapa lokasi, tambah Safriandi, telah disurvei guna menggarap proyek impian Wali Kota Helmi Hasan ini. Lokasi-lokasi yang disurvei adalah lahan milik pemerintah namun belum terkelola dan termanajemen dengan baik. [RN]