Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Akhirnya Rumah Sakit Tiara Sella Terakreditasi

IMG_20160304_103143BENGKULU, PB - Setelah berjuang selama dua tahun, Rumah Sakit Tiara Sella Kota Bengkulu akhirnya mendapatkan Akreditasi Tingkat Perdana Versi 2012. Rumah Sakit Tiara Sella menjadi rumah sakit perdana yang lulus akreditasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Versi 2012.

Direktur Utama Graha Bernoza, Hega Bernoza mengatakan bila persiapan ini sudah dilakukan dari beberapa tahun lalu, dan baru-baru ini dinayatakan lulus akreditasi.

Untuk akreditasi yang lama hanya penyiapan dokumen, sedangkan untuk akreditasi yang baru lebih kompleks yaitu dari mulai pengecekan dokumentasi, administrasi dan implementasi lapangan.

"Tim Surveyor bahkan menanyakan langsung kepada pasien dan seluruh staf-staf Rumah Sakit Tiara Sella tentang pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Rumah Sakit apakah sudah sesuai standar atau tidak? Ini artinya Tim Surveyor benar-benar jeli dalam menilai akreditasi Rumah Sakit," ungkapnya kepada Pedoman Bengkulu, Jum'at (4/3/2016).

Akreditasi merupakan salah satu syarat kedepannya untuk sebuah rumah sakit bisa menaikkan tipe atau kelasnya, termasuk perpanjangan kerjasama dan pembangunan rumah sakit.

"Tim Surveyor akreditasi menilai 4 aspek dasar pelayanan penting, yaitu peningkatan mutu dan keselamatan pasien, pencegahan dan pengendalian infeksi, kualifikasi dan pendidikan staf, serta hak pasien dan keluarga," tambahnya.

Salah satu peningkatan mutu dan keselamatan pasien di Rumah Sakit Tiara Sella maka tiap pasien diberi gelang identifikasi, gelang biru untuk pasien pria, gelang pink buat pasien wanita. Gelang tersebut dilengkapi dengan nama pasien dan nomor rekam medik, gelang ini bertujuan untuk mencegah salah dalam pemberian tindakan.

"Untuk keselamatan pasien agar tidak salah dalam penanganan maka sekarang diruangan sudah kita pasang stiker bahwa pasien itu mempunyai resiko jatuh sehingga keluarga dan perawat juga bisa lebih waspada dalam menjaga pasien," jelasnya.

Jika pasien alergi obat, sambungnya, juga diberi tanda pada pasien dan fasilitas kamar mandi pun sekarang pintunya sudah kita ganti. Pintunya terbuka keluar sehingga jika pasien jatuh pasien tidak susah mendorong pintu keluar," jelasnya.

Harapan kedepannya, RS Tiara Sella mampu mempertahankan akreditasi KARS Versi 2012, dan target dalam waktu tiga tahun ini RS Tiara Sella bisa lulus akreditasi paripurna dengan 15 aspek kriteria kelulusan, naik kelas dan mengimplementasikan standar yang lebih baik, mutu serta pelayanan yang diutamakan.

"Dengan akreditasi ini RS Tiara Sella akan meningkatkan pelayanan dan fasilitas Rumah Sakit sehingga Rumah Sakit ini memamng layak menyandang akreditasi," ujarnya.

Rumah Sakit Tiara Sella Memiliki 6 tipe kamar yaitu suite, vvip, vip, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Semua kamar pasien sudah berAC, bahkan semua ruangan di Rumah Sakit Tiara Sella full AC.

"Semua ruangan di Rumah Sakit Tiara Sella sudah full AC jadi tidak ada pembedaan pelayanan terhadap pasien dan kami juga melayani pasien BPJS," tutup Direktur Utama Graha Bernoza. [Dhewy]

IMG_20160304_103019 IMG_20160304_103607