Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Besok Penilaian Keluarga Sakinah

12782351_1045562795509241_979950360_n

BENGKULU SELATAN, PB - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bengkulu Selatan saat ini sedang melakukan penyeleksian terhadap Keluarga Sakinah dan Kantor Urusan Agama (KUA) teladan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Dijadwalkan besok (23/2/2016) tim dari Kemenag Bengkulu Selatan akan melakukan penilaian ke masing-masing KUA dan kandidat Keluarga Sakinah dari masing-masing kecamatan.

Diungkapkan Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Selatan Yasaroh Maksum melalui Kasi Bimas Muhemin, untuk hari pertama KUA dan keluarga sakinah yang akan dinilai adalah KUA Kecamatan Pino Raya, Pasar Manna, dan Kota Manna.

"Hari pertama (23/2/2016) yang akan kita nilai KUA Pino Raya, Pasar Manna dan Pasar Manna. Hari Rabu (24/2/2016) Kecamatan Seginim, Manna, dan Air Nipis. Terus Kamis (25/2/2016) Bungamas, Kedurang, dan Kedurang ilir. Terakhir hari Jumat (26/2/2016) di Kecamatan Pino dan Ulu Manna. Nanti tim yang akan menilai, termasuk kepala Kemenag," papar Muhemin.

Untuk peserta pemilihan keluarga sakinah, lanjutnya, diambil dari peraih keluarga sakinah yang telah diseleksi di tingkat KUA.

"Masing-masing KUA sudah melakukan seleksi keluarga sakinah. Namun saat ini data pemenangnya masih di KUA. Nanti pas akan melakukan penilaian kan melibatkan KUA. Datanya masih di KUA," terangnya.

Ada banyak aspek yang akan dinilai kepada peserta seleksi Keluarga Sakinah. Di antaranya pemahaman tentang kehidupan berumah tangga, pemahaman kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pemahaman tentang pernikahan dan perkawinan. Termasuk pula pengetahuan tentang agama dan pemahaman Alquran.

Sementara untuk penilaian KUA teladan ada beberapa indikator penilaian. Di antaranya penjabaran dan penerapan Visi, Misi, dan Motto KUA, Prosedur pelayanan kepada masyarakat, Sumberdaya Manusia, serta sarana dan prasarana.

"Ada pula tes membaca kitab kuning, membaca dan pemahaman Alquran, dan tes tertulis," tandas Muhemin.

Bagi yang terpilih menjadi Keluarga Sakinah dan KUA teladan tingkat Kabupaten Bengkulu Selatan akan diikutsertakan pada pemilihan tingkat Provinsi Bengkulu. (Apdian Utama)