Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

15 Sekolah Siap Hadapi Unas Computer Based Tes

[caption id="attachment_13757" align="alignleft" width="300"]IST - Salah satu peserta Ujian Nasional saat tengah mengerjakan soal ujian berbasis komputer Ilustrasi[/caption]

BENGKULU, PB - Sebanyak 15 sekolah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Provinsi Bengkulu dinyatakan telah siap mengikuti Ujian Nasional (Unas) berbasis Computer Based Tes (CBT).

Hal itu disampaikan Ketua Pelaksana Unas Dinas Pendidikan (Dispendik) Provinsi Wahyu. Ia menjelaskan sekolah tersebut terdiri dari 7 sekolah tingat SMA, 7 SMK, dan 1 SMP.

Untuk Kota Bengkulu terdiri dari SMK Negeri 2, SMK Negeri 1, SMK Negeri 3, SMA Negeri 2. Sedangkan di Bengkulu Selatan ada 5 sekolah, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 7, SMK Negeri 1 dan SMP Negeri 1. Untuk Benteng SMA Negeri 2. Untuk Rejang lebong terdiri dari SMA Negeri 1 dan 2. Serta Kabupaten Muko-muko SMA Negeri 1 dan Kabupaten Kepahyang terdiri dari SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 dan terkahir Kabupaten Bengkulu Utara yakni SMA Negeri 1.

"Dengan 15 sekolah propinsi bengkulu siap hadapi ujian nasional Computer Based Tes (CBT)," kata wahyu.

Untuk penilaian Unas dan kelulusannya nanti maka 100% diserahkan ke pihak sekolah. Sedangkan dari segi materi akan dilakukan penggabungan Kurikulum 2013 (K13) dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006.

"Kekurang yang kemaren ada seperti komputer, tetapi sudah bisa diatas oleh pihak sekolah sendiri, jumlah komputer setiap sekolah belum selesai pendataannya yang jelas 15 sekolah sudah siap menghadapi ujian nasional berbasi Computer Based Tes (CBT) ," jelas wahyu.

Sejak jahu hari, sambungnya, telah diusulkan sebanyak 40 sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu untuk Unas CBT. Tapi masih banyak yang belum menyiapkan fasilitasnya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menetapkan jadwal pelaksanaan Unas 2016 untuk SMA/SMK dan SMP melalui dua sistem pelaksanaan, yakni Computer Based Test (CBT) dan Lembar Jawaban Komputer (LJK).

Untuk pelaksanaannya Unas serentak di tingkat SMA akan dimulai dari tanggal 4-6 April. Tingkat SMP akan di gelar mulai tanggal 9-12 Mei, dan SD akan digelar tanggal 16 Mei.

"Harapan kita ujian nasional tahun 2016 ini semuanya berjalan dengan baik, dan untuk siswanya belajar dengan sunggu-sunggu dalam menghadapi Ujian Nasional sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan," tutup Wahyu.