Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kabut Asap di Bengkulu Kiriman Jambi dan Sumsel

KorlhutaBENGKULU, PB- Menurut perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Bandara Fatmawati Bengkulu, Anjasman mengatakan asap di Bengkulu merupakan kiriman dari kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan.

"Asap di kota Bengkulu memang lebih pekat dari hari sebelumnya, jarak pandang sejak 26 Oktober 2015, sekitar 1,2 kilometer. Asap ini kiriman dari kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Jambi dan Sumsel" katanya kepada Pedoman Bengkulu, Kamis (29/10/2015).

Lanjutnya, dari pantauan satelit, menyebutkan arah angin berhembus dari timur ke barat daya, dengan kecepatan 0,5 sampai 36 kilometer per jam. Arah angin membuat asap dari palembang terbawa sampai ke Kota Bengkulu.

"Namun jarak padang satu kilometer masih normal untuk penerbangan. Asap terlihat lebih tebal saat pagi hari, Menjelang siang hari, jarak pandang membaik, penerbangan juga akan normal," ungkapnya.

Sementara pada pagi hari dari satelit Tera dan Aqua milik BMKG tidak memantau adanya titik panas di Bengkulu. "Untuk wilayah se-Sumatera terpantau lebih dari seratus titik panas atau hotspot," ujarnya.

Peralihan musim kemarau ke hujan diperkirakan baru beralih pada awal Desember 2015. Sementara itu hingga akhir bulan november 2015 mendatang, diperkirakan hanya terjadi intensitas hujan ringan. [MS]