Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Direktur Utama dan Direktur Bisnis Bank Bengkulu Dilantik

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Sepanjang tahun 2023, Bank Bengkulu tercatat terus bertumbuh dengan likuiditas yang ample dan risiko terkelola dengan baik meskipun situasi ekonomi 2023 yang challenging dengan berbagai tekanan yang ada termasuk kenaikan suku bunga sampai dengan 250 basis poin.

Bank Bengkulu membukukan kinerja keuangan positif Sepanjang tahun 2023 dengan total aset Bank Bengkulu tumbuh 4,20% (yoy) menjadi Rp. 9.042 milyar dari tahun sebelumnya senilai Rp. 8.677 milyar dan Bank Bengkulu Berhasil Mencatatkan Laba Bersih audited Sebesar Rp.82,950 miliar. Kemudian dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun Bank Bengkulu meningkat 1,45% menjadi Rp.7.062 milyar dari periode 2022 yang berada di angka Rp. 6.952 milyar. 

Performa kinerja Bank Bengkulu tahun 2023 dicerminkan juga dengan nilai rasio ROA (Return on Asset) sebesar 1,27 % , nilai rasio ROE (Return On Equity) sebesar 6,79%, dan nilai rasio CAR (Capital Adequacy Ratio) menguat sebesar 26,46% seiring dengan penguatan permodalan industri perbankan khususnya Bank Bengkulu yang per 31 Desember 2023 total modal inti adalah sebesar Rp. 1.263 milyar.

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 tahun 2020 Tentang Konsolidasi Bank Umum, sebagai Titik awal Yang Menjadi Pintu Dari KUB Yang Merupakan Solusi Terkait Masalah Permodalan Perbankan. Strategi Penguatan permodalan Bank Bengkulu telah melakukan Perjanjian Kerjasama Penyertaan Modal dalam rangka Pembentukkan Kelompok Usaha Bank dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk dan telah menerima penyertaan modal tahap pertama pada tanggal 29 November 2022 dan tahap kedua pada tanggal 23 Juni 2023, sehingga alhamdulilah diawal tahun 2024 ini sesuai salinan Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Nomor KEP- 21/D.03/2024 tanggal 21 Februari 2024 yaitu Menyetujui pencalonan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa 

Barat dan Banten Tbk sebagai PSP Kedua setelah Pemerintah Provinsi Bengkulu sebagai PSP kesatu.

Sinergi serta kolaborasi yang telah terjalin dengan Pembentukkan Kelompok Usaha Bank dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk , sehingga Bank Bengkulu menjadi Pilot Project percontohan dari seluruh Bank Pembangunan Daerah untuk melakukan penguatan permodalan sesuai dengan POJK Nomor 12 tahun 2020.

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2023 dan Rapat Umum Pemegang Saham Lainnya pada hari ini juga memutuskan sepakat mengangkat BAPAK BENI HARJONO menjadi DIREKTUR UTAMA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH BENGKULU sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisaris Bank Bengkulu Nomor 01 tahun 2024, dan mengangkat BAPAK ISWAHYUDI menjadi DIREKTUR BISNIS PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH BENGKULU sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisaris Bank Bengkulu Nomor 02 tahun 2024.

Bapak BENI HARJONO merupakan Putra Asli Provinsi Bengkulu yang menempuh Pendidikan dari Sekolah Dasar Negeri 34 Kota Bengkulu, SMP Negeri 4 Kota Bengkulu, SMA Negeri 5 Kota Bengkulu dan menyelesaikan kuliah di Universitas Bengkulu. Bapak ISWAHYUDI merupakan pegawai Bank Bengkulu yang pernah menjabat sebagai Pemimpin Divisi Pemasaran, Pemimpin Cabang Utama Bank Bengkulu dan Pemimpin Divisi Kredit Risk Bank Bengkulu. Bapak BENI HARJONO dan Bapak ISWAHYUDI mempunyai pengalaman yang mumpuni selama memimpin perbankan sebelumnya sehingga dipercaya dan diyakin bahwa Bapak Dirut dan Dirbis Bank Bengkulu bisa menjadi leader yang visioner dan membawa perubahan Bank Bengkulu dalam pengembangan bisnis perbankan.

Bapak Mulkan selaku PLT Direktur Utama Bank Bengkulu menghaturkan rasa terima kasihnya terhadap seluruh stakeholder dan shareholder atas dukungan yang diberikan pada Bank Bengkulu. Bank Bengkulu berkomitmen untuk menjadi Bank yang berdaya saing tinggi dan kuat serta mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu. Tahun 2023, bisa kita sebut sebagai “tahunnya konsolidasi”, bagaimana kita melewati tahun 2023 dengan mendorong untuk terus melakukan efisiensi, serta terus melakukan enhance seluruh proses operasional yang ada, kekompakan dalam menyatukan energi dan memperkuat sinergi telah menguatkan kita semua dalam melewati tahun 2023. Kami berkeyakinan, dengan kepercayaan dan dukungan yang diperoleh dari seluruh pihak, akan meraih kinerja yang lebih baik ke depan dan terus berkelanjutan, dengan penyempurnaan kebijakan, penguatan sumber daya manusia, kualitas service excellence, dan menuju digitalisasi.