Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dempo Xler Perjuangkan Program Semua Anak Desa di Bengkulu Bisa Kuliah

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP, bersama dengan putra dan putri kampus Provinsi Bengkulu, melakukan kolaborasi untuk merancang program yang bertujuan meningkatkan minat pemuda di daerah untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dalam sebuah dialog yang berlangsung pada Kamis (7/12), Dempo Xler mengatakan program ini berawal dari diskusi bersama putra dan putri kampus mengenai tantangan yang dihadapi oleh pemuda di desa-desa, terutama mereka yang baru lulus SMA.

"Saya berkesempatan berdiskusi bersama putra dan putri kampus membahas program tentang bagaimana anak-anak Bengkulu bisa melanjutkan kuliah," kata Dempo Xler.

Menurutnya, beberapa faktor seperti kendala finansial, kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan tinggi, dan persepsi bahwa kuliah tidak relevan bagi mereka yang sudah mapan secara ekonomi, menjadi hambatan utama.

"Ada banyak faktor pemuda di desa-desa tidak kuliah, ada yang tidak mampu, ada yang kurang pengetahuan, dan ada yang beranggapan kuliah tidak penting dengan paradigma kuliah hanya menghabiskan waktu dan pada akhirnya mencari pekerjaan lebih baik langsung bekerja. Itu adalah pemikiran yang keliru," jelas Dempo.

Program ini akan disosialisasikan secara menyeluruh ke desa-desa di Provinsi Bengkulu dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pemuda tentang pentingnya melanjutkan pendidikan tinggi.

"Kita akan ke desa-desa untuk sosialisasi karena jika semua pemuda sudah kuliah, maka Bengkulu akan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan maju," tambahnya.

Selain meningkatkan minat kuliah, program ini juga akan mencakup upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat dan memerangi penyebaran informasi yang tidak benar.

"Kita juga membuat program yang meng-update masyarakat seperti membagikan buku bacaan dan lainnya," ungkap Dempo.

Terakhir, program ini juga akan menyediakan kegiatan pengembangan diri bagi putra-putri kampus, baik dalam hal keterampilan akademis maupun keterampilan praktis.

Ketua Ikatan Putra Putri Kampus Provinsi Bengkulu, Sahadi Purwanto, mennyampaikan komitmennya untuk melaksanakan program kolaborasi ini. "Kami akan ke desa-desa menyosialisasikan pentingnya kuliah dan program yang dilingkup dunia pendidikan," singkat dia.