Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Musdes RKPDes 2024, Pemdes Talang Liak II Siap Lanjutkan Pembangunan

Kompak : tampak Kades Talang Liak II, Ketua BPD, TAPM dan Pendamping Desa usai Musdes RKPDes.

PedomanBengkulu.com, Lebong
Pemerintah Desa Talang Liak II Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, Selasa (12/09/2023) pagi melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kegiatan Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran 2024. Acara Musdes dilaksanakan sebagai tindak lanjut, penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), sebagai wujud kesiapan Pemdes Talang Liak II yang siap melanjutkan pembangunan desa pada tahun 2024 mendatang.

Dalam Musdes RKPDesa Talang Liak II yang dipadati peserta dari unsur perangkat desa, anggota BPD, tokoh masyarakat dan tokoh Agama tersebut. Dihadiri Camat Bingin Kuning Meyka Riska, Kapolsek Lebong Selatan Iptu Kuat Santosa, Kades Talang Liak II Aprildo, Ketua BPD Mahat Jaya, TAPM, PD, Babinsa, Babhinkamtibmas, Kapus Talang Leak, Penyuluh KB, dan tamu undangan lainnya.

Berdasarkan hasil Musdes, terlihat usulan pembangunan infrastruktur masih mendominasi. Selain itu, Desa Talang Liak II yang dikenal sangat mendukung penuh pelaksanaan program MT-II tersebut, juga terdapat usulan sejumlah program pemberdayaan masyarakat.

Usai acara, Kepala Desa Talang Liak II Aprildo menegaskan, sejumlah usulan masyarakat yang sebelumnya sudah melalui tahapan Musdus, akan digodok menjadi RKPDes tahun 2024. Tentunya dalam pelaksanaan program untuk masyarakat ini juga, pihaknya bersama tim penyusun akan tetap memilah mana yang memang skala prioritas. Termasuk juga memilah usulan yang bisa dilaksanakan melalui DD/ADD. Maupun usulan yang harus disampaikan kepada Pemkab Lebong maupun Pemprov Bengkulu.

"Semua usulan kita tampung, namun tetap akan dipilah mana yang lebih prioritas bagi masyarakat, berdasarkan kesiapan anggaran nantinya. Yang jelas kami dari Pemdes siap melaksanakan pembangunan. Baik itu infrastruktur maupun pembangunan SDM masyarakat," sampai Aprildo.

Sementara itu, Ketua BPD Talang Leak II, Mahat Jaya menyebutkan, berdasarkan pokok-pokok Pikiran BPD yang telah disampaikan. Dapat disimpulkan bahwa Desa Talang Liak II merupakan Desa yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani, buruh tani dan peternak. Untuk itu, BPD Desa Talang Liak II menyampaikan rekomendasi dalam penyusunan RPJM Desa, yang akan disusun menjadi dokumen RKPDes tahun 2024.

"Penyusunan RPJM Desa dan RKPDes, harus mengacu pada Visi Misi Kepala Desa dan pokok Pikiran BPD," singkatnya.[spy]