Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Penting! Sepeda Motor Baru Harus Ganti Oli Lebih Cepat, Simak Penjelasannya

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Oli mesin merupakan salah satu komponen fast moving yang perlu diperiksa dan diganti secara berkala. Umumnya, oli mesin dianjurkan diganti setiap pemakaian 2.000 kilometer (km). Namun, pada motor baru, dihimbau untuk mengganti oli mesin pertama kali ketika mencapai 1.000 km.

Kepala Bagian Technical Service Astra Motor Bengkulu, Rangga Noviar mengungkapkan, motor baru sebaiknya diganti oli lebih cepat karena untuk membuang gram-gram atau kotoran hasil gesekan komponen mesin dalam kondisi baru.

"Jadi hal tersebut untuk membuang gram-gram atau kotoran hasil gesekan komponen mesin dalam kondisi baru," jelas Rangga.

Ditegaskannya, patokan 1.000 km itu sudah maksimal.

"Tidak boleh terlewat karena gram-gram mesin itu berbahaya jika dibiarkan terlalu lama," pesannya.

Sebagai informasi, oli berperan penting dalam sistem kerja pada mesin motor. Di antaranya adalah membantu mengurangi gesekan, mendinginkan suhu mesin agar tetap ideal, dan membuat suara mesin motor menjadi halus.

Untuk interval penggantian oli mesin, biasanya dilakukan setiap 1.500 – 2.000 km.

Selain oli mesin, pada sepeda motor jenis matik ada oli transmisi atau biasa disebut oli gardan yang berfungsi sebagai pelumas untuk meredam panas dan melindungi komponen dari aus akibat gesekan.

Sesuai anjuran yang tertulis di buku panduan servis, rata-rata oli gardan motor matic harus diganti tiap kelipatan 8.000 km.[KC06]