Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Penguatan Kapasitas Perangkat Desa Pyang Mbik

PedomanBengkulu.com, Lebong - Dalam peningkatan kapasitas aparatur perangkat desa di Kecamatan Amen Kabupaten Lebong, tim Kecamatan Amen turun gunung ke Desa Pyang Mbik lakukan pembekalan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) bagi seluruh perangkat desa dan BPD. Tim yang dipimpin langsung oleh Camat Amen Reno Adedo SE didampingi Sekcam Edwardsyah S.Ip dan Kasi Ekbang Leni Anggriyani SE. Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Desa Pyang Mbik, Rabu (30/8/2023) hadir juga Pendamping Desa Sudirjo dan Budi Aditia.

Dikatakan Camat Reno Adedo, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya tersebut, sebagai tindak lanjut penguatan kapasitas seluruh perangkat desa. Adapun materinya fokus menekankan akan tugas dan fungsi masing-masing Perangkat Desa. Mulai dari Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Kaur Perencanaan, Kaur TU dan Umum, Kasi Pemerintahan, Kasi Kesejahteraan, Kasi Pelayanan dan 3 Kepala Dusun, termasuk juga anggota BPD Pyang Mbik.

"Pembekalan ini sebagai langkah untuk menguatkan kapasitas Perangkat Desa," ungkap Reno kepada PedomanBengkulu.com Rabu (30/8/2023) siang.

Ditambahkan Reno, apa yang dilaksanakan oleh pihaknya di Desa Pyang Mbik juga akan dilaksanakan didesa-desa lain. Tujuannya lebih kepada mengingatkan kembali apa tupoksi perangkat desa dan anggota BPD. Dengan mengacu Undang Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015. Dalam Pelaksanaan Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa.

"Memang dalam pembinaan sekaligus pembekalan ini, pola kita panggil perangkat secara bergiliran. Secara langsung kita gelar tanya jawab, kemudian kami sampaikan apa tupoksi dan kinerja yang harus dilaksanakan masing-masing perangkat desa tersebut," pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat Kades Pyang Mbik Putra Jaya S.Sos menyambut baik pembekalan dan pembinaan yang dilaksakan tim Kecamatan Amen di Desa Pyang Mbik. Bahkan pihaknya akan secara berkala melaksanakan kegiatan serupa, yakni pembekalan tupoksi perangkat desa sebagai langkah peningkatan pelayanan kepada masyarakatnya. 

Karena pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, lanjut Putra Jaya, bukan semata pembangunan fisik saja, tetapi pelayanan administrasi dan pemberdayaan juga harus dikedepankan. Sesuai harapan semua pihak, masyarakat harus terlayani dengan baik, tentunya penguatan kapasitas perangkat desa juga harus terlebih dahulu disiapkan.

"Kita sambut baik tim Kecamatan Amen laksanakan pembekalan kepada perangkat kami. Pastinya sebelum kita memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, sudah pasti perangkat desa kita juga harus terlebih dahulu mengetahui apa tupoksinya masing-masing," ucap Putra Jaya.[spy]