Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Hajah Leni Perkuat Silaturahmi untuk Jaring Aspirasi


PedomanBengkulu.com
, Bengkulu - Silaturahmi adalah salah satu amalan dahsyat bagi orang yang beriman kepada Allah subhanahu wa ta'ala mengikuti cara hidup Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam. Dengan silaturahmi, semangat kasih sayang dan kekeluarga terbangun di tengah-tengah masyarakat.

Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief mengatakan, silaturahmi bila diartikan secara luas adalah upaya membangun tali persahabatan antar manusia.

"Dalam Islam, begitu banyak keutamaan silaturahmi seperti membuka pintu rezeki, dipanjangkan umur, tanda keimanan, mendekatkan diri kepada Allah, menjaga kerukunan, mendapat rahmat, mencegah dari api neraka, terhindar dari laknat Allah, menggugurkan dosa, memperluas ilmu dan banyak lagi," kata Hj Leni Haryati John Latief, Senin (21/8/2023).

Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Mubai Taba Anyar ini menjelaskan, sebagai makhluk sosial, Allah memerintahkan manusia agar senantiasa memperbaiki hubungannya dengan manusia yang lain, terlebih kepada saudara atau kerabat dekat sendiri.

"Bagi saya, seluruh warga Bengkulu ini adalah satu keluarga besar. Apapun sukunya, apapun bahasanya, dari manapun asalnya, di hati kita ada satu kalimat yang sama, tiada tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Insya Allah, saya berniat untuk bersilaturahmi dengan semua warga Bengkulu, tanpa terkecuali," ujar Hj Leni Haryati John Latief.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Bengkulu periode jabatan 2017-2022 ini menekankan, amalan silaturahmi harus senantiasa dilestarikan terlebih di era globalisasi dimana nilai-nilai persaudaraan yang dibangun karena Allah mulai luntur.

"Jangan sampai budaya materialistik merusak hubungan silaturahmi seperti orang luar. Mau bertemu hanya karena pertimbangan materi belaka. Bersikap ramah kepada orang lain hanya karena menginginkan uang. Saling mencintai dan membenci karena dunia, bukan karena Allah. Naudzubillahi min dzalik," tandas Hj Leni Haryati John Latief.

Pembina Bundo Kanduang Provinsi Bengkulu ini menambahkan, setiap orang beriman mesti menyadari bahwa persaudaraan dan rasa cinta diantara sesama harus dilandasi semata-mata karena Allah, demi mencari keridaan, rahmat dan kasih sayang-Nya, dan menafikan yang selain itu.

"Kalau landasannya hanya karena Allah, silaturahminya bukan hanya setahun sekali pas lebaran aja, atau ketika pas ada hajatan aja, atau hanya karena ada maunya. Kalau satu Bengkulu punya semangat seperti ini, insya Allah, Allah akan membukakan pintu rahmat dan keberkahannya untuk Bumi Rafflesia," demikian Hj Leni Haryati John Latief. (Muhammad Qolbi)