Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Perkuat Nilai Kebangsaan, Senator Riri Apresiasi Peran BKMM DMI Bengkulu

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Usaha untuk memakmurkan masjid tidak hanya dengan memfungsikannya sebagai tempat beribadah semata. Salah satu usaha yang tak kalah penting untuk memakmurkan masjid adalah dengan menghidupkan majelis taklim di masjid untuk meningkatkan keilmuan dan penyebaran informasi penting kepada jamaah.

Demikian diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief usai menjadi narasumber dalam kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di kalangan Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu, kemarin (3/7/2023).

"Hadirnya ibu-ibu dalam kegiatan ini membuktikan bahwa majelis taklim bukan hanya menjadi wadah untuk membina dan mengembangkan kehidupan beragama untuk membentuk masyarakat yang bertakwa kepada Allah subhanahu wata'ala, tapi juga menjadi sarana untuk menyampaikan gagasan yang bermanfaat bagi pembangunan umat, bangsa dan negara," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini menjelaskan, pemahaman nasionalisme atau kebangsaan sangat penting disebarluaskan di berbagai kalangan termasuk di kalangan ibu-ibu yang tergabung dalam wadah majelis taklim sehingga nilai-nilai tolerasi tertanam juga dalam diri kaum perempuan dan anak-anak.

"Majelis taklim adalah salah satu benteng yang kokoh bagi ibu-ibu dari gempuran dampak negatif globalisasi. Dari ibu-ibu yang bertakwa kepada Allah ta'ala ini, bangsa dan negara dapat berharap terbentuknya generasi yang tetap mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dan kearifan lokal," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Pembina Karang Taruna Provinsi Bengkulu ini menuturkan, saat ini tantangan yang dihadapi bangsa dan negara begitu kompleks seperti maraknya perzinaan, penyebaran berita hoaks, tingginya tindak kriminalitas di kalangan remaja dan lain sebagainya.

"Satu masalah maraknya perzinaan saja misalnya, sudah cukup bagi masjid dan majelis-majelis taklim untuk memperkuat pengamalan agama, pengamalan nilai-nilai kebangsaan, pengamalan nilai-nilai Pancasila di kalangan jamaahnya. Apalagi kalau masalah sekarang semakin kompleks," sampai Hj Riri Damayanti John Latief

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan, ia memberikan apresiasi atas peran dan kontribusi BKMM-DMI Provinsi Bengkulu yang terus berupaya mempertahankan eksistensi organisasinya dengan menggelar berbagai kegiatan positif.

"Semoga Allah memandang seluruh pengurus dan anggotanya dengan pandangan rahmat dan kasih sayang, Allah terima semua usahanya untuk memakmurkan masjid, Allah jadikan BKMM-DMI sebagai organisasi yang mendatangkan kebaikan untuk Provinsi Bengkulu, bagi Indonesia pada umumnya," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. (Muhammad Qolbi)