Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemprov Bengkulu Upayakan CJH Tambahan Berangkat Haji Sesuai Jadwal

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Guna membahas dan mencari solusi untuk mengupayakan keberangkatan Kuota Tambahan Calon Jemaah Haji (CJH) Tahun 2023 ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kabupaten/Kota menggelar Rapat Koordinasi, di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (12/6).

Rapat ini dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri dan dihadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu serta Kabag Kesra, Karo Hukum dan seluruh Kanwil Kemenag kabupaten/kota.

Dalam keterangannya, Sekda Hamka Sabri mengatakan, jamaah haji tambahan tersebut baru diterima setelah selesai diproses administrasinya untuk diberangkatkan ke Mekkah guna melaksanakan ibadah haji.

Menurutnya, adanya CJH tambahan tersebut bukan karena pemerintah tidak ada anggaran, tapi disebabkan waktu yang sangat singkat untuk memproses, karena para CJH ini harus sudah berangkat ke Mekkah pada tanggal 20 Juni nanti.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah provinsi bersama Kanwil Kemenag dan Biro Pemkesra Provinsi harus mengupayakan mencarikan solusinya agar CJH tambahan itu dapat diberangkatkan sesuai jadwal.

“Persoalannya sudah kita atasi bersama-sama dengan Kakanwil Kemenag, Biro Pemkesra dan Biro hukum. Di mana untuk transportasi dari embakarsi antara Bandara Internasional Minangkabau kita bebankan kepada Calon Jemaah Haji (CJH),” sebut Sekda Hamka usai rapat.

Kemudian, jelasnya, untuk transportasi barang dan orang dari asrama haji sampai ke pesawat itu ditanggung oleh Kemenag dan Biro Pemkesra, sedangkan untuk makan dan asrama CJH ditanggung oleh Kanwil Kemenag.

“InsyaAllah, mudah-mudahan semuanya lancar dan dapat kita berangkatkan sesuai jadwalnya,” ungkapnya.

Sedangkan untuk biaya transportasi tersebut, kata Sekda lagi, sekitar Rp 7, 7 juta dan langsung dikirim ke rekening City Link untuk biaya ‘Carter’ pesawat.

Untuk memastikan CJH tambahan yang jadi berangkat, besok Kanwil Kemenag dan Biro Pemkesra akan memanggil semua CJH tambahan untuk diberikan informasi yang valid.

“Kita tunggu sampai jam 12 siang besok kepastian dari para CJH untuk kuota tambahan tersebut,” kata Sekda Hamka.

Untuk kuota tambahan CJH Provinsi Bengkulu, ungkapnya, sebanyak 142 sedangkan sudah dilunasi ada 182 CJH yang artinya sudah melebihi kuota sebesar 40 orang CJH.

“Mereka yang berangkat terakhir ini merupakan kloter 17 embakarsi Padang,” demikian Sekda Hamka. (rls)