Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

PDAM Gratis Walikota Untuk Warga Kota Bengkulu

PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan tak kehabisan akal demi menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat.

Baru-baru ini, Helmi kembali menghebohkan kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, disaat Harga Eceran Tertinggi (HET) gas 3 Kg di Provinsi Bengkulu resmi naik, per 1 Juni 2023 lalu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor K.212.B1 Tahun 2023 Tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG Tabung 3 Kg di Provinsi Bengkulu.

Helmi malah kembali mengintervensinya dengan menggratiskan air PDAM untuk warga Kota Bengkulu, terkhusus yang tak mampu. Keputusan ini dibuat untuk menyiasati kenaikan elpiji dikalangan masyarakat. Untuk itu, demi meringankan beban mereka karena elpiji naik, ia mengratiskan PDAM.

Sama halnya yang dikatakan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi. Ia menjelaskan bahwasannya Walikota sudah memberi sinyal kepada jajarannya dalam meringankan beban ekonomi masyarakat dikala kenaikan elpiji.

Instruksi Walikota pun langsung disampaikan Kepala Dirut Perumda Tirta Hidayah Samsu Bahari terkait rencana menggratiskan air PDAM. Ada beberapa kriteria yang disampaikan untuk menjalankan kebijakan ini.

“Pertama, bagi masyarakat ataupun pelanggan yang selama ini disegel atau diputus PDAM nya, dan bilamana tunggakannya tak begitu besar maka diinstruksikan agar digratiskan. Dan apabila tunggakannya cukup besar maka diberikan diskon. Pada intinya seluruh warga Kota Bengkulu berhak mendapatkan pelayanan terhadap kebutuhan air bersih ini,” jelas Dedy saat konferensi pers bersama awak media.

“Untuk yang kedua, beberapa waktu yang lalu ketika covid kita ada program sambungan gratis baru bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Ini juga tolong dipikirkan dan akan kita buatkan program pemasangan gratis baru. Dan yang ketiga ialah kita menggratiskan bagi masyarakat yang kurang mampu menyoal kebutuhan PDAM,” lanjutnya.

Terkait pola PDAM gratis, Pemkot akan melibatkan pihak RT dan RW ataupun Kelurahan untuk pendataan nantinya. “Nanti ada semacam tim verifikasi, apakah pelanggan tersebut berhak mendapatkan bantuan gratis atau tidak,” ungkapnya.

Dirut Perumda Tirta Hidayah Siap Gratiskan PDAM, Simak Imbauannya

Di bawah binaan Walikota Helmi, Perumda Tirta Hidayah menyatakan siap mendukung keputusan Walikota terhadap penggratisan air PDAM. Dirut Perumda Tirta Hidayah Samsu Bahari bersama jajaran tanpa pikir panjang langsung bergerak cepat menjalankan keinginan Walikota Helmi.

“Tentu kita sangat mendukung, karena program beliau sangat bagus,” ujar Samsu.

Terkait PDAM gratis, Samsu menjelaskan ada beberapa kriteria penerima bantuan air PDAM gratis dari Tirta Hidayah. Untuk data penerima, Samsu akan menggunakan data lama sebagian sembari menunggu data terbaru dari pihak Kelurahan, RT.

“Misalkan masyarakat memang tidak mampu ini tentunya berdasarkan usulan RT setempat, melalui RT ataupun Kelurahan. Dan mungkin bisa langsung masyarakat secara individu itu langsung Whatsapp (WA) Pak Wali. Kemudian, setelah itu bisa langsung ke PDAM untuk mengisi persyaratan-persyaratan dalam waktu dekat ini,” terangnya, Rabu (14/6/23).

Karena kuota terbatas, Samsu berpesan kepada masyarakat untuk segera menghubungi pihak Perumda Tirta Hidayah, ataupun langsung ke Walikota, Wawali, pihak RT, Kelurahan untuk mendapatkan bantuan khusus perihal penggratisan pemakaian air minum setiap bulan. (rls)