Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kopli Ansori Ajak Tanamkan Nilai Luhur Pancasila

PedomanBengkulu.com,Lebong - Bupati Kopli Ansori bertindak sebagai inspektur upacara hari lahir Pancasila tahun 2023 mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menanamkan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam amanatnya, Kopli menegaskan, bahwa peringatan hari lahir Pancasila merupakan momentum penting, untuk mengingat kembali dan merefleksikan nilai-nilai Pancasila sebagai sandaran hidup berbangsa dan bernegara.

Ditambahkannya, Pancasila lahir dari gagasan cerdas para pahlawan bangsa. Dengan rumusan 5 silanya yang bersumber dari kehidupan rakyat Indonesia yang beraneka ragam. Serta mengandung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

"Kita harus mampu mengaktualisasi 5 sila Pancasila, sebagai sandaran bagi harapan-harapan keadilan sosial rakyat Indonesia," sampai Kopli Ansori saat menjadi Irup Harlah Pancasila yang digelar di halaman Kantor Bupati Lebong Kamis (1/6/2023).

Untuk peringatan hari lahir Pancasila tahun ini, sambungnya, mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, mulai dari Sabang sampai Merauke terdiri dari berbagai etnis bangsa, adat istiadat, kepercayaan dan golongan.

"Dari keberagaman itu kita bersatu padu membentuk dan membangun Indonesia dengan menjadikan Pancasila sebagai ideologi," sebutnya

Dilanjutkannya, Kebhinekaan Indonesia saat ini sedang mendapat tantangan dan ujian dampak dari pengaruh perkembangan teknologi dan pengaruh media sosial yang kerap dijadikan sebagai wadah penyebaran informasi hoax yang memicu sikap tidak toleran bahkan berpaling dari ideologi Pancasila. Dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta Bhineka Tunggal Ika, semua itu bisa dihindari dan kita tetap bersatu bergotong-royong membangun Indonesia.

"Jangan saling menghujat, apalagi menyebar informasi hoax yang dapat memicu perpecahan, manfaatkan teknologi untuk hal positif dan bijaklah dalam bermedia sosial," tukasnya.

Pantauan dilapangan, Upacara Harlah Pancasila tersebut tampak dihadiri Wabup Lebong Fahrurrozi, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen,
Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol Inf Mochammad Renaldi Herbowo, Kajari Lebong Arief Indra Kusuma Adhi, Pejabat Utama Polres Lebong dan sejumlah Kepala OPD dan ASN dalam lingkup Pemkab Lebong.[spy]