Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Leni John Latief Ajak Perbanyak Ibadah di Bulan Zulkaidah

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Saat ini umat Islam telah menginjak pekan pertama bulan Zulkaidah atau bulan kesebelas dalam kalender Islam. Zulkaidah adalah bulan permulaan dari empat bulan haram yang diagungkan Allah subhanahu wata'ala bersama Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief mengatakan, dalam Al-Qur'an, keistimewaan bulan Zulkaidah ini terdapat dalam Surat At-Taubah Ayat 36 sebagai sebuah ketetapan agama yang lurus. 

"Allah perintahkan manusia agar tidak menzalimi diri dalam bulan-bulan suci ini, tidak boleh berperang, pahala amalan-amalan dilipatgandakan, dan dosa amalan-amalan buruk dilipatgandakan juga," kata Hj Leni Haryati John Latief, Rabu (24/5/2023).

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Bengkulu periode jabatan 2017-2022 ini menjelaskan, Zulkaidah juga dikatakan istimewa karena semua umroh yang dilakukan Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dilakukan pada bulan ini, kecuali umrah yang dilaksanakan bersama haji.

"Zulkaidah juga disebut bulan persiapan. Waktu terbaik bagi para calon jamaah haji untuk mempersiapkan amal ibadah saat Zulhijah, bulan berikutnya. Persiapkan diri, mental dan finansial agar ibadah haji yang dilakukan dapat berjalan dengan khusyuk," ujar Hj Leni Haryati John Latief.

Alumni Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Mubai Taba Anyar ini menekankan, bagi yang belum melaksanakan ibadah haji juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah pada bulan yang dimuliakan ini sehingga tidak berlalu begitu saja dalam perkara dan pekerjaan yang sia-sia.

"Banyak-banyak zikir dan ibadah, puasa sunah, intinya semua amal saleh, jangan amal salah. Nggak boleh maksiat. Karena ingat, kalau berbuat baik pahala dilipatgandakan, kalau maksiat dosanya juga berlipat-lipat," tutur Hj Leni Haryati John Latief.

Pembina Bundo Kanduang Provinsi Bengkulu ini menambahkan, secara khusus ia mendoakan seluruh kaum muslimin dan muslimat yang ada di Bumi Rafflesia mendapatkan keutamaan bulan Zulkaidah ini sehingga mendatangkan keberkahan dari Allah ta'ala.

"Semoga semua warga yang beramal di bulan Zulkaidah ini Allah kabulkan doa-doanya, diberikan pahala yang berlipatganda, diturunkan keberkahan oleh Allah dari langit dan dikeluarkan keberkahan dari perut bumi, terkhusu untuk Bengkulu tercinta," tutup Hj Leni Haryati John Latief. [Muhammad Qolbi]