Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bupati dan Wabup Lebong Tinjau Kesiapan Program MT-II

PedomanBengkulu.com, Lebong -
Sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat, yang mengikuti program musim tanam kedua (MT-II) tahun 2023, Bupati kopli Ansori dan Wabup Lebong Fahrurrozi beserta sejumlah kepala OPD dan jajaran Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong. Selasa (9/4/2023) siang, meninjau beberapa titik lokasi persawahan masyarakat, yang mulai menyiapkan lahannya untuk mengikuti program MT-II, yakni Desa Selebar Jaya dan Desa Pyang Mbik Kecamatan Amen.

Selain melihat sejauhmana kesiapan lahan yang akan digarap para petani, Bupati Lebong Kopli Ansori juga menyempatkan untuk berbincang terkait sejumlah kendala, sekaligus memberikan motivasi agar masyarakat jangan ragu untuk ikut program MT-II, karena sudah terbukti sudah ada yang berhasil dan merupakan program yang nyata mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Saya bangga dengan masyarakat Selebar Jaya ini, tanpa dipaksa mereka sudah punya kesadaran sendiri untuk ikut program MT-II. Jika seluruh masyarakat Lebong seperti ini bisa dipastikan masyarakat kita akan sejahtera secara ekonomi,” ungkap Bupati Kopli saat meninjau lokasi lahan persawahan di Desa Selebar Jaya Selasa (9/5/2023) siang. Kemudian rombongan Bupati melanjutkan tinjauan lahan persawahan di Desa Pyang Mbik.

Dalam kesempatan menyapa masyarakat dilahan persawahan tersebut, Bupati juga menyebutkan bahwa Pemkab Lebong bisa saja memanjakan masyarakat dengan bantuan langsung berupa uang tunai ataupun Sembako, tapi menurutnya itu bukanlah solusi yang tepat karena akan menjadikan masyarakat pemalas dan tidak berkembang. Menurutnya, langkah yang paling tepat adalah melalui program-program guna mendukung kegiatan masyarakat. karena masyarakat akan menjadi lebih kreatif dan bisa secara hidup mandiri.

"Karena tidak selamanya mereka harus bergantung pada pemerintah, namun, pemerintah akan selalu hadir untuk kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Bupati kembali menegaskan agar masyarakat jangan ragu untuk ikut program MT-II, pemerintah tidak akan tinggal diam, pemerintah akan mendukung dalam segala hal, mulai dari bantuan Hand Traktor, bantuan bibit, bantuan pupuk serta pestisida jika tanaman terserang hama. Mengingat keterbatasan anggaran, lanjut bupati, Pemkab bekerjasama dengan Pemdes guna menyukseskan program MT-II yang tentunya juga butuh tambahan anggaran. Disini peran Pemdes ikut andil melalui Dana Desa, sama halnya dengan pemerintah daerah mulai dari bantuan pupuk, pestisida dan lainnya.

"Jika ada kendala silahkan sampaikan ke Kades, biar nanti diteruskan ke Pemerintah Daerah melalui Disperkan, apapun masalahnya kita akan carikan solusinya,” tutupnya.[spy]