Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Hj Leni Haryati Ajak Sambut Ramadan dengan Hati Bersih dan Saling Memaafkan

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Bulan suci Ramadan 1444 Hijriah atau 2023 Masehi akan tiba dalam hitungan hari. Sejumlah masyarakat menyambut bulan yang diberkahi ini dengan kegembiraan, kemeriahan, di samping memperbanyak amalan, doa dan harapan agar mendapatkan keutamaan malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan.

Sebagaimana pengajian yang digelar Majelis Taklim Perempuan Al-Mabrurah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Bengkulu di Masjid Raya Baitul Izzah Bengkulu berlokasi di Padang Harapan, Kecamatan Gading Cempaka, belum lama ini.

Pembina Bundo Kanduang Provinsi Bengkulu yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Taklim Perempuan Al-Mabrurah IPHI Provinsi Bengkulu, Hj Leni Haryati John Latief, mengajak jamaah yang hadir untuk memanfaatkan sisa umur mengabdi kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

"Salah satunya dengan memperbanyak hadir dalam majelis-majelis ilmu sebagaimana pengajian yang digelar IPHI ini. Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda barang siapa menempuh jalan menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya untuk menuju surga," kata Hj Leni Haryati John Latief.

Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid Dewan Masjid Indonesia (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu ini juga mengajak jamaah untuk memasuki bulan Ramadan dengan hati yang bersih dan meminta maaf atas berbagai kesalahan yang pernah ia lakukan, baik yang disengaja maupun tidak.

"Dalam menyambut bulan suci Ramadan ini mari kita bersihkan hati dengan saling memaafkan. Semoga Allah berikan kita stamina yang prima, mampu menyiapkan menu berbuka dan sahur untuk puasa dengan baik, dapat beramal dengan khusyuk," ujar Hj Leni Haryati John Latief.

Ustaz Adi Sucipto yang mengisi ceramah dalam kegiatan ini mengatakan, di antara amalan-amalan yang baik dalam menyambut bulan Ramadan adalah dengan memperbanyak solat sunah, membaca Al-Qur'an dan memperbanyak istigfar.

Ia menjelaskan, bulan Ramadan adalah bulan yang sangat istimewa karena saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.

Dalam menyambut bulan Ramadan, Ustaz Adi Sucipto juga menganjurkan jamaah untuk menyiapkan diri, baik secara fisik atau zahiriyyah maupun jiwa atau ruhiyah.

"Secara zahiriyyah adalah dengan membersihkan rumah, halaman rumah, membersihkan mukenah, sajadah, rumah ibadah dan lain-lain. Secara ruhiyah adalah dengan memperbanyak doa, sujud syukur dan lain-lain," demikian Ustaz Adi Sucipto. [Muhammad Qolbi]