Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sinergitas Lintas Program, Lipur: Program JKN Sangat Membantu

 

PedomaBengkulu.com, Rejang Lebong – BPJS Kesehatan Cabang Curup ikut memeriahkan kegiatan Sinergitas Kegiatan Lintas Program Dalam Rangka Pembinaan 10 Program Pokok PKK yang diselenggarakan oleh Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Rejang Lebong pada 22 Februari 2023 di Gedung Pola Pemda Kabupaten Rejang Lebong.

“BPJS Kesehatan patut berbangga karena diminta untuk turut mengambil bagian dalam kegiatan Sinergitas Lintas Program yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong. Tentunya kita akan mendukung program-program yang telah dirancang oleh PKK Rejang Lebong ini,” ujar Eka Natalina Setiani, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup yang ikut menghadiri kegiatan ini.

Kehadiran BPJS Kesehatan pada kesempatan kali ini merupakan bentuk sinergi antara PKK dengan Instansi dan pemangku kepentingan di Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dalam mewujudkan 10 program pokok demi kesejahteraan keluarga. BPJS Kesehatan ikut menyumbang satu poin pokok yakni kesehatan.

“Dalam menjalankan tugasnya Tim Penggerak PKK punya poin pokok tentang kesehatan keluarga. BPJS Kesehatan sebagai Badan Hukum Publik yang diberikan amanah untuk menyelenggarakan jaminan sosial, sudah seharusnya ikut serta membantu keberlangsungan program ini,” tuturnya.

BPJS Kesehatan mendampingi PKK untuk memberikan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang termasuk dalam segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Kita mendampingi pengurus PKK untuk memberikan langsung secara simbolis kartu kepada salah satu peserta kita yang memang masuk ke dalam salah satu penerima bantuan. Kita berharap bantuan ini dapat membantu meringankan beban kepada peserta dan keluarganya,” ucap Eka.

Lipur Hati (53), peserta JKN yang hadir sebagai perwakilan pada kegiatan ini juga menuturkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong serta BPJS Kesehatan.

“Saya serta seluruh keluarga merasa diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong. Kami diberikan kesempatan untuk didaftarkan menjadi peserta JKN dengan tidak perlu membayar iuran setiap bulannya. Kalau harus mendaftar menjadi peserta mandiri rasanya juga berat karena masih harus membayar setiap bulannya, ini tidak perlu. Rasanya saya bersyukur sekali. Terima kasih,” ujar Lipur.

Lipur juga menambahkan kebutuhannya untuk berobat secara rutin, sehingga dia merasa butuh untuk terdaftar sebagai peserta program JKN.

“Kalau misalnya tidak ada program JKN ini, maka keluarga akan kesulitan mencari biaya untuk berobat. Karena memang masih rutin. Kalau setiap sakit harus membayar secara umum rasanya kami akan kesulitan. Itulah sebabnya saya bersyukur sekali telah didaftarkan menjadi peserta,” ucapnya.

Sinergitas kegiatan lintas program atau lintas sektor dalam rangka pembinaan 10 Program Pokok ini juga dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Rejang Lebong, Ketua Organisasi Wanita, Ketua dan pengurus Tim Penggerak PKK di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Derta Wahyulin Rohidin selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bengkulu dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh OPD terkait dalam sinergitas untuk memberikan dukungan dalam terwujudnya 10 program pokok PKK ini.

“Kami merasa tersanjung kepada seluruh pihak yang ikut serta dalam mewujudkan 10 program pokok PKK ini. Kesepuluh program ini tidak akan berjalan tanpa bantuan seluruh pihak yang ikut ambil bagian. Tim Penggerak PKK hanya bertugas untuk menyampaikan amanah saja, yang tetap berperan untuk memberikan bantuannya tetap Instansi terkait. Semua dilakukan demi Indonesia yang lebih sejahtera,” ujarnya.[Rls]