Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Apresiasi Kesigapan Aparat Atasi Dampak Cuaca Buruk

PedomanBengkulu.com, Jakarta - Cuaca buruk yang melanda Bengkulu baru-baru ini berdampak luas di tengah-tengah masyarakat. Selain mengakibatkan salah satu pesawat gagal mendarat di Bandara Fatmawati Soekarno, cuaca buruk juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, seluruh pihak di daerah harus senantiasa memberikan perhatian dan melakukan pemantauan atas informasi cuaca yang diberikan BMKG sehingga mampu mengantisipasi cuaca ekstrem dengan baik.

"Pemerintah di daerah harus mendorong agar semua pihak dapat melakukan mitigasi bencana dengan baik. Kalau sejak awal sudah terpantau akan terjadi cuaca buruk misalnya, kantor-kantor harus mengizinkan pegawainya untuk bekerja dari rumah ketimbang mereka berisiko tertimpa pohon tumbang di jalan," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (13/2/2023).

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini mengapresiasi kesigapan pemerintah daerah, aparat kepolisian, PT PLN (Persero) dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya yang dengan tangkas melakukan langkah-langkah yang diperlukan saat cuaca buruk melanda.

"Alhamdulillah saya pantau dari kejadian kemarin saat pohon tumbang langsung disingkirkan, lalu lintas macet segera diatasi, listrik padam cepat dihidupkan, dan lain sebagainya. Ini bagus dan harus dipertahankan untuk seterusnya," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menekankan, pemerintah di daerah juga perlu mendorong semua pihak untuk berperan aktif dalam mengatasi kerusakan lingkungan, timbulnya efek rumah kaca, penggunaan bakar fosil berlebihan dan semua yang berkontribusi menimbulkan cuaca ekstrim. 

"Kalau semua kerusakan ini terus terjadi, maka sudah diperkirakan akan banyak hutan yang hilang, berbagai penyakit akan timbul, bencana alam akan semakin banyak, air bersih akan semakin sulit didapat, pulau-pulau kecil bahkan bisa hilang. Jangan sampai ini semua terjadi," tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Putri Ketua Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid (BKMM-DMI) Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief ini menambahkan, rumah-rumah ibadah serta fasilitas milik publik lainnya harus bisa menjadi tempat yang nyaman dan dibuka bila kondisi cuaca buruk terjadi.

"Lewat rumah-rumah ibadah masyarakat sendiri juga bisa diedukasi mengenai pentingnya mengantisipasi cuaca ekstrem ini, mengajarkan berbagai macam doa untuk segala situasi yang dihadapi termasuk ketika mengalami musibah seperti cuaca buruk," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]