Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lean With the Bike, Teknik Menikung yang Tepat di Jalan Raya!


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Menikung memang terlihat mudah, tapi bila kita tidak memahami teknik dasarnya akan berpotensi bahaya, karena itu setiap pengendara wajib memiliki ilmu dan kemampuan teknik menikung dijalan raya secara benar. 

Noval Yunaidi selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu mengungkapkan bahwa salah satu teknik menikung yang disarankan ketika berkendara di jalan raya adalah teknik Lean With the Bike.

"Teknik ini dilakukan dengan posisi badan pengendara tegak lurus mengikuti kemiringan sepeda motor pada saat menikung, dan pengendara tidak perlu mengubah posisi duduk layaknya menikung di lintasan sirkuit," ungkap Noval. 

Untuk melakukan teknik lean with the bike  saat berkendara dijalan umum, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dan dilakukan oleh pengendara, diantaranya:

Pertama, sebelum memasuki tikungan, turunkan kecepatan dengan cara menutup penuh putaran gas dan lakukan pengereman menggunakan rem kombinasi.

Kedua, salah satu kunci penting saat menikung dengan teknik apa pun adalah arah pandangan mata. Karena pandangan adalah pusat keseimbangan sekaligus secara otomatis akan memengaruhi arah laju sepeda motor. Karena itu, arahkan pandangan ke arah yang dituju. Selain untuk menjaga sepeda motor tetap berada di jalurnya, pengendara bisa melihat dan mengantisipasi potensi bahaya yang ada di depan.

Kemudan yang ketiga, kontrol kecepatan saat motor pada posisi miring, jangan sesekali manaikkan dan menurunkan kecepatan secara ekstrim karena berpotensi menggangu keseimbangan.

Keempat, bila ingin mengurangi kecepatan ketika di tikungan, kontrol daya tekanan pada tuas rem sehingga tidak terjadi perlambatan ekstrim.

Disarankan untuk menggunakan rem belakang untuk mencegah terganggunya daya cengkram roda depan yang berpotensi menggangu keseimbangan sepeda motor. Sedangkan yang kelima, saat akan keluar tikungan, tingkatkan kecepatan dengan membuka bukaan gas secara perlahan untuk mendorong motor kembali ke posisi tegak.

Noval juga mengungkapkan , selain kelima hal tersebut, pengendara juga perlu melihat beberapa hal lain sebelum menikung seperti kondisi ban, kondisi jalan apakah berpasir, tanah basah, dan lain sebagainya. Selain itu, sistem pengereman dan kualitas kondisi lingkungan seperti dataran rendah, dataran tinggi juga dapat mendukung teknik menikung yang baik dan benar di jalan.

“Ingat, kemanapun tujuan berkendara harus selalu Cari_Aman agar perjalanan lancar, aman dan selamat, ” tutup Noval.[Rls]