Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Minta Kementerian ESDM Perhatikan Aspirasi Bengkulu

 

Senator Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memiliki peran yang sama untuk merespon berbagai aspirasi masyarakat yang berkembang di daerah.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, program kerja Kementerian ESDM pada tahun 2023 ini hendaknya dapat memberikan perhatian terhadap beberapa aspirasi yang berkembang di Bengkulu.

"Kementerian ESDM perlu mendukung tumbuh kembangnya ekosistem kendaraan listrik di Provinsi Bengkulu, baik dari segi infrastruktur, maupun pemanfaatan energi bersihnya sendiri. Potensi energi bersih di Bengkulu cukup melimpah," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (30/1/2023).

Putri Ketua DPD Kaukus Perempuan Politik Provinsi Bengkulu Hj Leni Haryati John Latief ini menjelaskan, penerapan gaya hidup baru serba listrik atau electrifying lifestyle juga perlu diperluas di seluruh daerah termasuk di Provinsi Bengkulu.

"Hal ini harus menjadi agenda prioritas mengingat pemanfaatan energi listrik jauh lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar fosil. Sosialiasi mengenai hal ini perlu digalakkan di setiap daerah," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menekankan, Kementerian ESDM juga perlu bersikap tegas terhadap perusahaan sumber daya energi yang merusak kelestarian lingkungan hidup terutama yang telah terbukti mencemari sungai, baik di hulu maupun hilir.

"Masyarakat Bengkulu yang tinggal di kawasan rawan banjir minta pemerintah tegas. Apalagi yang terbukti aktivitas perusahaannya nyata-nyata mengakibatkan terjadinya sedimentasi atau pendangkalan sungai," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkoba Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu ini menambahkan, masih adanya perusahaan yang mengeksploitasi sumber daya alam secara serampangan membuktikan masih lemahnya pengawasan yang dilakukan pemerintah.

"Dulu Sungai Bangkahulu bagi masyarakat adalah salah satu sumber kehidupan. Butuh air tinggal ambil dari sungai. Kini ceritanya berubah. Sungai jadi sumber musibah. Ini harus dibenahi," tutup Hj Riri Damayanti John Latief.

Untuk tahun anggaran 2023, Senator Riri  juga mengusulkan kepada Kementerian ESDM untuk lebih banyak memberikan bantuan program pemasangan listrik baru untuk warga miskin dan Penanak nasi listrik (Rice Cooker) kepada warga Bengkulu. 

Untuk diketahui, Komite II DPD RI merupakan alat kelengkapan DPD RI yang bersifat tetap, yang mempunyai lingkup tugas pada pengelolaan sumber daya alam dan pengelolaan sumber daya ekonomi lainnya sehingga Komite II DPD RI dengan Kementerian ESDM menjadi mitra kerja. [Muhammad Qolbi]