Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri: Kesetiakawanan Sosial Modal Ampuh Hadapi Ancaman Resesi

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Membangun Indonesia menjadi bangsa yang besar akan terwujud selama ada kebersamaan dan kepedulian dalam diri setiap generasi muda. Dalam menghadapi resesi global, nilai-nilai kesetiakawanan sosial sangat relevan untuk diperkuat di tengah-tengah masyarakat.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, dalam menghadapi pandemi covid-19 dan berbagai bencana yang melanda, bangsa ini telah menunjukkan masih adanya nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang masih terjaga meski telah agak memudar.

"Dalam menghadapi resesi global yang diprediksi akan terjadi sesaat lagi, nilai-nilai kesetiakawanan sosial itu perlu ditingkatkan dan diperkuat kembali, di pusat, maupun seluruh daerah," kata Hj Riri Damayanti John Latief di tengah-tengah peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN), Selasa (20/12/2022).

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menjelaskan, belum lama ini Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan Indonesia masih harus waspada menghadapi ancaman resesi global pada tahun depan atau dua minggu lagi yang penuh ketidakpastian ekonomi.

"Presiden bilang beliau tidak bermaksud menakut-nakuti namun hanya mengingatkan bahwa tantangan ekonomi yang kita hadapi ke depan itu tidak semakin mudah. Ini adalah wujud kepekaan presiden agar masyarakat mulai mengulurkan tangan lebih giat untuk membantu mereka yang membutuhkan," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Pembina Karang Taruna Provinsi Bengkulu ini menekankan, kesetiakawanan sosial ini bisa dimulai dari lingkungan sekitar, para tetangga, maupun anggota keluarga yang menderita penyakit atau hidup dalam kekurangan.

"Saat pandemi covid-19 kemarin, masya Allah, semangat kesetiakawanan sosial yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat luar biasa. Alhamdulillah saya sendiri akhirnya ikut tergerak membagikan sembako dan keperluan sehari-hari. Kesetiakawanan sosial modal ampuh dalam menghadapi ancaman resesi," tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kabupaten Kepahiang ini menambahkan, kaum muda bisa menjadi motor membangun jejaring media sosial bukan hanya dengan berbagi informasi, namun saling membantu mencari jalan keluar bagi warga yang jatuh terpuruk bila resesi global memberikan dampak buruk terhadap Indonesia.

"Terimakasih buat kader-kader Bapera Kepahiang yang telah ikut berpartisipasi aktif membagikan berton-ton makanan sehat sebagai sumber protein yang bisa membantu anak-anak terhindar dari stunting atau kekurangan gizi. Kesetiakawanan sosial dalam diri pemuda Indonesia bukan hanya dalam retorika, namun juga dalam tindakan nyata," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]