Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Menyambut Hari Sumpah Pemuda 2022

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Sumpah Pemuda lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Tokoh yang terlibat dalam perumusan Sumpah Setia ini tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) yang anggotanya sendiri berasal dari berbagai daerah.

PPPI menggelar kongres sebanyak tiga kali. Kongres yang pertama diselenggarakan pada tanggal 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond, Lapangan Banteng. Untuk rapat kedua di adakan di gedung Oost-Java Bioscoop, dan rapat ketiga dilakukan di hari yang sama, 28 Oktober 1928 di gedung Indonesische Clubgebouw.

Rapat inilah yang menghasilkan sebuah rumusan dikenal dengan Sumpah Pemuda. Isi Sumpah Pemuda terdiri dari tiga poin, yaitu:

- Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

- Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

- Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda memiliki beberapa makna diantaranya adalah menyatukan perjuangan bangsa Indonesia menekankan kebanggan akan Bahasa Indonesia, dan juga menjaga keutuhan bangsa Indonesia.

Dilansir situs Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg RI), berikut ini serba-serbi Hari Sumpah Pemuda 2022.

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022:

Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober memasuki peringatan ke-94. Temanya adalah "Bersatu Bangun Bangsa". 

Filosofi Logo Hari Sumpah Pemuda 2022:

- Karakter Logo (Angka 94): Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.

- Garis: Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.

- Lingkaran: Bentuk lingkaran diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.

- Dua Garis Berjajar: Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.

Acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-94 Tahun 2022 secara nasional diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Acara dilaksanakan di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.[Red]