Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Imbau Aktifitas Ekonomi Jangan Merusak Laut Bengkulu

Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Selain persoalan cuaca ekstrem, nelayan Bengkulu juga menghadapi banyak tantangan lainnya. Salah satunya adalah mengenai sampah dan limbah yang mencemari laut sehingga di beberapa daerah penghasilan nelayan dari laut menurun drastis.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, ia tidak akan diam dan hanya duduk manis saja setelah mendengar anjloknya penghasilan nelayan tersebut mengingat laut punya peran penting bagi mereka.

"Di Kaur, Seluma, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara sampai Mukomuko laut punya peran penting. Ada banyak potensi sumber daya yang besar di dalam lautnya. Laut Bengkulu harus dijaga jangan sampai tercemar atau rusak," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Senin (29/8/2022).

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini mengimbau kepada seluruh perusahaan untuk memeriksa aktifitas ekonominya agar tidak mencemari laut dengan limbahnya.

"Pemerintah, atau dalam hal ini kementerian terkait, bila ada perusahaan yang nyata membawa dampak buruk bagi lingkungan, apalagi sudah disurati oleh kepada daerah, mestinya segera bertindak. Allah kasih laut agar sekarang bisa dinikmati hingga generasi di masa depan," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Tak kalah pentingnya, Dewan Penasehat Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Bengkulu ini melanjutkan, sampah masih menjadi masalah utama yang mengancam kesehatan lautan.

"Presiden sampai mengeluarkan Peraturan Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut pada tanggal 21 September 2018. Jadi kalau masih ada yang buang sampah ke laut, ini sama saja menentang presiden. Harus diberi sanksi tegas," tandas Hj Riri Damayanti John Latief.

Rusaknya lingkungan laut, tambah Alumni SD Negeri 8 Kota Bengkulu itu, bukan hanya berkontribusi mengurangi pendapatan nelayan, tapi juga mendorong para nelayan semakin dalam jatuh dalam lubang kemiskinan.

"Coba lihat kehidupan nelayan kecil, banyak mereka tinggal di lingkungan kumuh di tepi laut. Hidup pas-pasan. Susah dapat modal. Mau mengembangkan usahanya banyak sekali kendala. Jadi jangan nelayan sudah jatuh, terus ditimpa tangga lagi. Jangan lagi rusak laut Bengkulu," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]