Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Berbahaya! Tetap Kendalikan Emosi Saat Mengendarai Sepeda Motor

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Berkendara menggunakan sepeda motor tidak hanya harus menguasai teknik berkendara yang baik dan benar, namun juga sebagai pengendara harus bisa mengontrol emosi saat berkendara.

Beberapa faktor bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan mulai dari faktor manusia, kendaraan, dan lingkungan. 

“Dalam berkendara, menjaga emosi merupakan satu hal yang sangat penting dijaga kestabilannya, terlebih jika berkendara di jalan raya,” ungkap Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi. 

Lebih lanjut dirinya menyarankan, sebelum berkendara baik dengan jarak yang dekat atau jauh, sebaiknya memastikan keadaan kondisi emosi dengan baik. 

“Keadaan di jalan raya juga akan mempengaruhi emosi kita menjadi berubah-rubah, maka sebaiknya kita harus bisa menjaga emosi sebaik mungkin saat berkendara agar kita bisa tetap #Cari_Aman saat berkendara,” pesannya.

Noval menjelaskan, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan agar emosi saat berkendara bisa terjaga. Pertama, pengendara perlu mengatur timing perjalanan agar tidak berkendara dengan terburu-buru.

"Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur waktu keberangkatan yang lebih cepat dan menentukan jalur yang bebas macet," ucapnya.

Selanjutnya, pengendara harus selalu menaati tata tertib lalu lintas sehingga tak berpotensi menimbulkan konflik dengan pengendara lain. 

Ia juga menyarankan, pengendara selalu menjaga jarak aman sehingga bisa terhindar dari kecelakaan.

"Jika ternyata pengendara mengalami konflik dengan pengguna jalan lain, pengendara sebaiknya mengalah saja. Karena, jika sampai tejadi insiden maka kedua belah pihak akan dirugikan," tutupnya.[Kucir.06]