Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Agar Tetap Bekerja Optimal, Simak Cara Merawat Rantai Sepeda Motor

 

PedomanBengkulu.com, Bengkulu  – Merawat dan menjaga kebersihan rantai roda sangatlah penting bagi setiap pengendara sepeda motor khususnya pada tipe Cub dan Sport. Karena, jika kondisi rantai kurang baik dapat menyebabkan beberapa resiko, salah satunya adalah kecelakaan.

"Rantai sepeda motor berfungsi untuk meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang sepeda motor sehingga sepeda motor dapat berjalan," jelas Kepala Bengkel Astra Motor Panorama, Ochtora Febri.

Mengingat pentingnya fungsi rantai, konsumen wajib memperhatikan perawatannya sehingga bagian tersebut selalu dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu kinerja maksimalnya dapat mendukung kelancaran aktivitas berkendara.

"Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km,” lanjutnya.

Adapun indikator rantai sudah tidak layak digunakan atau rusak adalah mengeluarkan suara berisik, permukaan rantai aus, rantai mudah kendur, tarikan motor terasa berat, dan tenaga motor tidak maksimal.

Dirinya pun memaparkan cara merawat rantai roda sepeda motor agar bekerja maksimal dan tidak cepat putus, sebagai berikut:

1. Periksa kekencangan, kelancaran dan kondisi rantai serta gear rantai.

Penyetelan rantai tidak boleh terlalu kencang ataupun longgar, kekencangan harus dijaga agar tetap di batas yang sudah ditentukan. Batas kekencangan rantai (free play) ada pada buku petunjuk pemilik, biasanya di rentang 25-35 mm. Rantai yang terlalu kencang akan membebani mesin dan komponen lainnya, sementara jika terlalu longgar bisa terlepas dan merusak komponen lainnya.

2. Setel dan lumasi dengan cairan pelumas rantai yang direkomendasikan

Selain menjaga kekencangan rantai sesuai batas yang ditentukan, pelumasan juga harus dilakukan agar rantai bergerak dengan lancar tanpa terganggu kotoran dan debu yang biasanya akan menempel dan menyebabkan karat sehingga gerakan rantai tidak lancar dan dan gear rantai cepat aus.

Hindari melumasi rantai menggunakan oli bekas atau oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau yang direkomendasikan karena akan menyebabkan rantai akan cepat berkarat, renggang, kaku dan gear rantai cepat aus.

3. Gunakan rantai dan gear asli yang sesuai dengan spesifikasi dikeluarkan oleh pabrikan sepeda motor. 

"Pengguna sepeda motor Honda dapat menggunakan suku cadang asli sepeda motor Honda yang direkomendasikan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) yakni Honda Genuine Parts (HGP) yang diolah dari material yang sudah teruji kualitasnya," pungkasnya.[Kucir.06]