Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tabut Digelar Terbuka, Senator Riri: Berkah Bagi UMKM

Senator Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Perayaan tahun baru Islam di Bengkulu tampaknya akan kembali digelar secara meriah seiring keputusan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk kembali menghelat Festival Tabut pada 29 Juli 2022 hingga 9 Agustus 2022 mendatang secara terbuka sejak pandemi Covid-19.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief memberikan apresiasi atas keputusan pemerintah daerah yang akan menghelat festival tahunan yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Bengkulu secara terbuka.

"Alhamdulillah, semoga kemeriahan Tabut ini memberikan keberkahan untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Semoga Festival Tabut tahun ini berjalan lancar, kondusif dan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung yang sengaja ingin melihat perayaan tahun baru Islam terbesar di Indonesia ini," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Selasa (19/7/2022).

Plt DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, sebagai salah satu destinasi wisata religi di Bumi Rafflesia, perlu kekompakkan agar Festival Tabut dapat dikenal bukan hanya se-Bengkulu, namun se-Indonesia hingga sedunia.

"Apalagi tabut ini saya dengar punya sejarah panjang yang kalau dikenang akan sampai kepada kemuliaan Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam sebagai manusia yang paling dicintai Allah subhanahu wata'ala karena rasa sayangnya kepada seluruh umat," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini juga memberikan apresiasi atas komitmen pemerintah daerah untuk menyelenggarakan festival ini dengan standar yang baik, aman dan nyaman namun tetap mengamalkan Protokol Kesehatan (Prokes) agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah, ini pesan penting lainnya dari tabut yang mengingatkan orang Bengkulu akan kematian, agar taat sama Allah, banyak berbuat baik kepada sesama, jangan serakah, jangan korup, jangan sombong. Ini tradisi yang positif," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Data terhimpun, Festival Tabut rencananya akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada tanggal 3 hingga 4 Agustus 2022. Sebelum diputuskan digelar terbuka, Festival Tabut tadinya dijadwalkan tidak ada bazar dan hanya digelar secara daring.

Selain mengikuti Festival Tabut, Menteri Sandiaga Uno juga dijadwalkan melakukan visitasi ke desa wisata di Kabupaten Rejang Lebong. Selain bazar UMKM, keramaian Festival Tabut juga akan sangat terasa dalam beragam parade seni dan budaya oleh KKT Bencoolen. [**]