Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Edukasi #Cari_aman, Astra Motor Bengkulu Bagikan Safety Gear

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Aksi kampanye #Cari_aman saat berkendara kali ini dilakukan Astra Motor Bengkulu dengan membagikan helm kepada pengendara sepeda motor yang membawa anak di bawah umur tanpa mengenakan helm. Berkolaborasi dengan Dikyasa Polres Bengkulu, kegiatan ini berlangsung di kawasan Simpang Lima Ratu Samban Kota Bengkulu, Kamis (28/7).

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi mengatakan pembagian helm tersebut sebagai upaya mengingatkan orang tua agar saat berkendara anaknya juga dilengkapi pelindung kepala.

"Berbagai metode edukasi kami lakukan dan kali ini dengan sasaran utama adalah anak-anak dengan mengenalkan mereka tentang pentingnya berkendara yang aman sejak kecil," tutur Noval.

Sembari membagikan helm kepada anak-anak lanjutnya, kami juga berharap orang dewasa di sekitarnya juga menjadi lebih peduli dan taat peraturan. 

"Semoga upaya ini bisa memberikan dampak yang luas dan diikuti oleh pihak-pihak lainnya,” harapnya.

Selain membagikan helm, pada kegiatan ini Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu juga menghimbau pengendara untuk selalu menggunakan helm berstandar SNI dan tali helm harus dipastikan terpasang dengan benar sampai bunyi ”KLIK”. 

Dirinya juga menyarankan meletakkan anak duduk di jok belakang dan pastikan jika kaki anak dapat menapak ke footstep motor. Kalau tidak sampai, dianjurkan mengajak orang lain duduk di belakang untuk memegang anak.

"Ketika membawa anak-anak saat berkendara menggunakan sepeda motor, penempatannya adalah di tengah di antara orang dewasa dan bukan di area depan. Karena area depan lebih banyak bahaya dan risiko yang menimpa si anak," tutup Noval.

Sementara itu, Kanit Dik Polres Bengkulu Ipda Wulan Rachmawati menilai kesadaran masyarakat dalam mengutamakan keselamatan ketika berkendara masih sangat minim. Hal itu, dapat dilihat dari prilaku orangtua yang tidak tertib dengan membiarkan anaknya tidak menggunakan helm.

"Anak kecil maupun dewasa wajib pakai helm saat berkendara. Mari kita budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," pesannya.[Kucir.06]