Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Minta Semua Pihak Terlibat Antisipasi Ancaman Kesehatan


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Pencemaran lingkungan, limbah yang melimpah, bahan kimia berbahaya yang berhamburan, polusi udara yang merebak, air yang terkontaminasi dan dampak negatif perubahan iklim adalah ancaman kesehatan masyarakat lingkungan yang paling mendesak, termasuk di Provinsi Bengkulu.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief pada momen Hari Kesehatan Dunia mengatakan, upaya bidang kesehatan di berbagai daerah harus sejalan dengan upaya untuk mengantisipasi berbagai ancaman kesehatan masyarakat lingkungan yang paling mendesak tersebut.

"Pemerintah daerah harus bisa menghidupkan partisipasi semua pihak untuk sama-sama terlibat dalam langkah-langkah antisipasi atas ancaman-ancaman kesehatan masyarakat lingkungan yang paling mendesak ini. Karena untuk mengantisipasi ini diperlukan kerja sama banyak pihak," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Kamis (7/4/2022).

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini memberikan apresiasi atas tingginya capaian vaksinasi di Provinsi Bengkulu dan meskipun masih ada yang positif namun provinsi ini telah dinyatakan telah melewati puncak penularan covid-19 varian omicron.

"Meski sudah menurun tapi tetap jangan kendor untuk menihilkan penyebarannya. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak, sering-sering wudhu atau cuci tangan pakai sabun dan air mengalir. Jangan pernah lagi berkerumun di tempat-tempat maksiat. Insya Allah pandemi ini segera berakhir," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Pemuda Nasional Indonesia (DPP KNPI) ini juga meminta kepada Kementerian Kesehatan untuk memenuhi kekurangan stok vaksin covid-19 sinovac di beberapa daerah di Bengkulu agar provinsi ini bisa mencapai target capaian vaksinasi.

"Pemerintah provinsi sudah mengajukan permohonan penambahan ini. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi sehingga Provinsi Bengkulu bisa mencapai target capaian vaksinasi. Perlu diakui, kesadaran masyarakat setelah beberapa tahun pandemi juga patut diapresiasi," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini optimis Bengkulu mampu melakukan langkah-langkah antisipasi atas ancaman-ancaman kesehatan masyarakat lingkungan yang paling mendesak dengan baik dan semaksimal mungkin.

"Saya lihat ada kemauan baik dari pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah antisipasi ini. Tapi memang keberhasilan ke depan tidak bisa diletakkan di pundak pemerintah daerah saja, harus ada kemauan yang kuat juga dari semua pihak untuk ikut serta," demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Data terhimpun, Hari Kesehatan Dunia diperingati oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) setiap 7 April. Dalam Hari Kesehatan Dunia 2022 adalah "Planet Kita, Kesehatan Kita atau Our Planet, Our Health" yang menyerukan pemulihan dari pandemi covid-19, yang menempatkan kesehatan individu dan planet ini sebagai pusat kebijakan dan fokus pada kesejahteraan. [Muhammad Qolbi]