Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Reses DPRD Lebong Dapil I, Aspirasi Sektor Pertanian Masih Mendominasi

PedomanBengkulu.com, Lebong - Anggota DPRD Kabupaten Lebong daerah pemilihan (Dapil) 1 yang mencakup 6 Kecamatan, meliputi Amen, Lebong Utara, Uram Jaya, Lebong Atas, Pelabai dan Pinang Belapis. Selasa (01/3/2022) melaksanakan jaring aspirasi masyarakat yang dipusatkan di kawasan Objek wisata Paliak Uram Jaya. Kegiatan reses dewan merupakan agenda Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di Dapilnya masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil ini, dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen. 

Agenda reses DPRD Lebong Dapil I dihadiri Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen, Waka I Dedi Haryanto, Waka II Popi Ansa, kemudian sejumlah anggota DPRD Dapil I meliputi Ahmad Luthfi, Anita Andriani, M Gunadi Mursalin, Yeni Herdianti, Desi Fitriawanti, Pipit Irianto, Sriwijaya dan Waas Karim

Tujuan reses adalah menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Dapil sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam  pemerintahan. Sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 162 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah No 25 Tahun 2004.

Menariknya dalam reses DPRD Lebong di Uram Jaya Selasa (01/03/2022), dari sejumlah aspirasi yang disampaikan masyarakat, didominasi usulan sektor pertanian. Bahkan dalam kesempatan itu juga, masyarakat meminta dukungan anggota DPRD Lebong agar pelaksanaan program musim tanam kedua (MT-II) dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen usai kegiatan reses menyebutkan, sesuai dengan yang diagendakan Banmus DPRD, pihaknya melaksanakan reses Dapil I di Kecamatan Uram Jaya. Sejumlah usulan dan aspirasi masyarakat, bersama dengan anggota DPRD Lebong lainnya, semuanya akan ditampung seperti sektor pertanian maupun sektor pariwisata. Dan itu akan dibahas dan ditindaklanjuti hingga nanti diparipurnakan di DPRD Lebong.

"Banyak yang kita tampung aspirasi dari masyarakat, terutama sektor pertanian seperti irigasi kemudian ada juga tempat pariwisata. Kita mendukung program Pemkab Lebong yang bisa mensejahterakan masyarakat. Setelah reses apa-apa yang kita terima akan kita bawa dalam paripurna," sampai Carles.
Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Lebong Yeni Herdianti menyebutkan selaku komisi yang membidangi sektor pertanian, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait sesuai dengan mitra kerja Komisi III DPRD Lebong. Seperti halnya seperti suskesnya MT II di Desa Kota Agung, namun mereka masih meminta dukungan Pemkab Lebong, terutama tiga faktor pendukung yakni bibit, pupuk dan PPL. 

"Kami sebagai mitra kerja Disperkan Lebong, akan menyampaikan harus ada kesiapan pupuk, bibit dan tenaga PPL. ini akan menjadi agenda kerja kami di Komisi III dalam jangka pendek, segera berkoordinasi dengan instansi terkait, agar MT II bukan hanya di Uram Jaya saja, tetapi harus sama-sama sukses diterapkan ditempat lain di Kabupaten Lebong secara keseluruhan," pungkasnya. [spy]