Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Awal Ramadhan, MUI tunggu Keputusan Pemerintah


Pedomanbengkulu.com, Seluma -
Pemerintah Pusat belum menentukan kapan awal ramadhan 1443 H, apakah jatuh pada 2 April 2022 atau 3 April 2022. Ini karena pemerintah masih akan melakukan kajian melalui pemantauan hilal dan sidang isbat. Kendati demikian, Muhammadiyah telah menentukan awal Ramadhan jatuh pada 2 April 2022 berdasakan metode hisab atau penghitungan.

"Kami masih menunggu keputusan pemerintah, maka dari itu belum ada pengumuman kapan awal Ramadhan kapan akan dilaksanakan," ujar H. Herwansyah, Ketua MUI Kabupaten Seluma (25/3/2022).

Nodi mengatakan perbedaan dalam metode penentuan 1 Ramadhan, yang kemudian menyebabkan perbedaan tanggal merupakan hal yang biasa, dan tidak perlu dipermasalahkan.

"Silakan saja jika nantinya ada yang memulai puasa tanggal 2 April, atau ada juga yang 3 April, itu hal yang biasa," jelasnya.

Masyarakat yang akan menjalankan ibadah puasa, tarawih, dan berbagai kegiatan lainnya pada saat ramadhan diharapkan dapat mematuhi protokol kesehatan. Pasalnya tahun ini pemerintah tidak lagi mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan tarawih di masjid dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. [IT2006]