Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

5 Tips Memilih Aplikasi Untuk Menabung Uang di HP

 


PedomanBengkulu.com - Kegiatan menabung sangat penting untuk semua orang. Saat ini, menabung sudah semakin mudah, karena kita bisa mengaturnya melalui aplikasi yang ada di smartphone.

Namun, karena saat ini sudah banyak aplikasi dengan kegunaan yang sama, Anda harus cermat dalam memilih aplikasinya. Jangan sampai aplikasi yang Anda pilih justru merugikan.

Untuk itu, ini ada beberapa tips memilih aplikasi untuk menabung uang di HP. Apa saja tipsnya?

1. Cari Bank yang Kredibel

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah bank yang dipakai harus berkualitas. Sekarang ini ada banyak bank yang menyediakan fasilitas tabungan online yang membuat banyak orang bingung menentukannya.

Oleh karena itu, sebelum menentukan baiknya cari bank yang kredibel sehingga saat menggunakan tabungan online nantinya akan aman dan nyaman. Cara melihat bank yang bersangkutan kredibel atau tidak adalah dengan melakukan survey.

Lihat apakah bank yang dipilih memiliki rekam jejak yang meyakinkan dan baik. Reputasi bank tersebut seperti apa, serta apa saja keuntungan yang ditawarkan bank kepada nasabahnya.

Jangan lupa, pastikan juga bank tersebut terdaftar secara legal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bahkan saat ini juga banyak digital banking yang sudah terdaftar secara legal di OJK.

2. Pakai Handphone Kompatibel

Setelah menemukan bank yang terpercaya, selanjutnya adalah memastikan kalau ponsel atau smartphone yang digunakan sudah kompatibel. Aplikasi tabungan online membutuhkan ruang penyimpanan pada HP tidak terlalu besar. Namun tetap harus dipastikan smartphone yang digunakan cocok untuk menjalankan aplikasi tabungan online terkait.

Jika smartphone yang digunakan sudah keluaran terbaru, maka pengguna tidak perlu khawatir bisa atau tidaknya aplikasi digunakan pada HP tersebut. Untuk HP yang sudah agak lama perlu dicari tahu lagi apakah spek dari smartphone itu cocok atau tidak dengan aplikasi tabungan online terkait.

3. Jangan Lupa Logout

Menggunakan tabungan online harus memperhatikan betul akun yang dipakai sudah logout saat sudah tidak digunakan. Hal ini demi menjaga keamanan data di dalam aplikasi tersebut.

Apabila akun tidak dikeluarkan setelah selesai menggunakan aplikasi, akan besar resikonya akun dibobol serta disalah gunakan orang lain. Meski dari aplikasi sendiri sudah ada keamanan yang maksimal, tidak ada salahnya untuk lebih hati-hati supaya tidak sampai terjadi hal yang tak diinginkan.

4. Jangan Pakai Handphone yang Sudah Diretas

Tips lain saat menggunakan aplikasi untuk menabung di HP adalah menghindari smartphone yang sudah pernah diretas. Maksudnya di sini adalah HP yang sudah pernah di-root atau di-jailbreak.

HP yang sudah pernah diretas artinya ada celah keamanan yang membuat data dalam ponsel rawan disalahgunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, saat berencana menggunakan aplikasi tabungan online gunakan HP yang belum pernah di-root atau di-jailbreak agar tidak sampai jadi sasaran empuk hacker.

5. Perhatikan Fitur

Ketika mencari aplikasi menabung di HP perhatikan fiturnya. Setiap aplikasi tentu memiliki fiturnya sendiri. Ada yang lengkap ada juga yang sederhana. Untuk itu sebelum menginstal aplikasi menabung online pada smartphone, baiknya perhatikan fitur yang ada di dalamnya.

Aplikasi Senyumku adalah tempat menabung online melalui HP yang sangat direkomendasikan. Sebuah produk layanan dari bank konvensional yang sudah resmi terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Artinya, Senyumku merupakan aplikasi yang aman dan terpercaya.

Fitur yang dimiliki Tunaiku sangat cocok untuk pengguna yang memang sedang ingin menabung anti ribet. Merencanakan keuangan serta membuat laporan keuangan pribadi pun jadi lebih mudah. Hanya Tunaiku aplikasi menabung online paling cocok untuk digunakan semua kalangan. Mudah digunakan dan banyak sekali fiturnya.