Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Dukung Merdeka Sampah, Warga Lingkar Barat Gelar Gotong Royong


PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu - Warga Komplek Pepabri Kelurahan Lingkar Barat, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu menggelar gotong royong pada Minggu (14/11/2021). 

Aksi ini untuk dalam rangka menyukseskan gerakan merdeka sampah yang digagas Wali Kota Helmi Hasan. Tampak dalam kegiatan tersebut warga kompak menyapu jalan, menebas rumput yang meninggi di badan jalan dan dan membersihkan sampah yang berserakan.  

"Hari ini bersama dengan pihak kelurahan kami membersihkan lingkungan, sebagian menebas rumput yang sudah meninggi dan memunguti sampah yang berserakah. Aksi ini juga dalam rangka menyuksekan program merdeka sampah yang digagas Wali Kota Helmi Hasan," kata Romi salah seorang warga Komplek Pepabri, Lingkar Barat. 

Sebelumnya, Walikota Bengkulu Helmi Hasan meminta seluruh warga di Kota Bengkulu untuk turut serta memerdekan sampah. Caranya, setiap warga harus menyiapkan tempat-tempat sampah permanen di depan rumahnya dan menggelar gotong Royong secara rutin.

“Kalau di Jawa, orang bangun rumah sekaligus bangun tempat pembuangan sampah di depan rumahnya. Nah di kita ini nggak,” ucap Helmi belum lama ini.

Keberadaan kotak sampah di depan rumah, kata Helmi, akan memudahkan petugas untuk mengambil sampah-sampah rumahan.

“Kalau ada kotak sampah kan petugas kita bisa ambil langsung, jadi warga jangan buang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah mengajak seluruh masyarakat Kota Bengkulu menjaga kebersihan lingkungan RT, RW, Kelurahan hingga kecamatan dalam rangka menyukseskan merdeka sampah yang digagas Walikota Helmi Hasan.

“Kalau tidak kita siapa lagi yang menjaga kebersihan kota ini. Insya Allah DLH akan bersama masyarakat untuk menangani persoalan sampah,” kata Medy. [ADV]