Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Yamaha Lexi: Tipe, Kelebihan, dan Kekurangan

Yamaha merupakan produsen sepeda motor terpopuler di Indonesia maupun dunia. Sejak pertama kali berdiri sampai sekarang, brand asal Jepang ini telah menelurkan beragam pilihan motor, mulai dari motor gede, matik, sampai model sport dengan warna yang bervariasi plus dilengkapi teknologi terbaru.

Di antara varian yang ada, salah satunya  adalah Yamaha Lexi yang dirilis sejak 2018 lalu. Lexi termasuk keluarga Maxi Yamaha dan sering disebut sebagai adik dari Yamaha NMax. Dinamakan demikian karena ukuran mesinnya lebih kecil dari Yamaha NMax, lebih tepatnya 125 cc.

Bicara mengenai harga, Yamaha Lexi dibanderol mulai dari Rp 21 jutaan sampai Rp 28 jutaan tergantung tipe yang dipilih. Untuk mendapatkan update harga terbaru dari Yamaha Lexi, Anda bisa langsung cek ke website Blibli.

Bagi Anda yang tertarik membawa pulang motor jenis ini, cek terlebih dahulu informasi tentang tipe Yamaha Lexi beserta kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Varian Yamaha Lexi

Yamaha Lexi hadir dalam 3 pilihan varian, yaitu standar, S, dan S ABS. Seperti apa spesifikasi dari masing-masing varian tersebut? Begini penjelasannya.

1. Standar

Standar merupakan tipe terendah dari Yamaha Lexi. Secara keseluruhan, Yamaha membekalinya dengan beberapa fitur seperti Smart Motor Generator (SMG) yang berfungsi membantu menghidupkan mesin, lampu hazard, electric power socket, LED, panel instrumen digital, smart lock, Stop & Start System (SSS), side stand switch, serta bagasi berukuran 12,8 liter. Untuk harga, seri ini dibanderol sekitar Rp 21 jutaan.

2.     Tipe S

Di kelas menengah ada Yamaha Lexi S yang dijual seharga Rp 24 jutaan. Lexi S mengadopsi semua fitur yang ada di Lexi tipe standar dan mendapatkan tambahan berupa smart key, suspensi sub-tank, dan tambahan warna Prestige Silver.

3.     Tipe S ABS

Tipe S ABS adalah seri tertinggi Yamaha Lexi. Seluruh fitur yang ada pada Lexi Standar dan Lexi S disematkan pada tipe ini. Seperti namanya, Yamaha Lexi S ABS mendapatkan tambahan teknologi Anti-lock Brake System (ABS).

Buat yang belum tahu, ABS termasuk fitur keamanan yang membantu pengendara tetap nyaman berkendara sekalipun kondisi jalanan terasa licin. Di sisi lain teknologi ini akan mencegah roda motor terkunci ketika Anda melakukan rem mendadak.

Tanpa rem ABS, pengemudi akan sulit mengendalikan kendaraan saat mengerem mendadak akibat roda mengunci secara otomatis. Tertarik meminang seri ini? Lexi S ABS dibanderol sekitar Rp 28 jutaan.

Kelebihan Yamaha Lexi

Seperti halnya kebanyakan motor yang dijual di pasaran, setiap seri pasti punya kelebihan tersendiri. Begitu pun dengan Yamaha Lexi. Berikut sejumlah keunggulan yang ditawarkan Yamaha Lexi.

1. Bodi Tampak Kokoh

Bila dibandingkan dengan motor lain di kelasnya seperti Honda Vario 125, dimensi Yamaha Lexi terlihat lebih bongsor dan kokoh dari kompetitor. Desain stangnya pun dibuat lebih lebar dan tinggi dengan ukuran ruang kaki yang luas.

Sementara itu, Yamaha turut menyematkan ban berukuran lebar sehingga pengemudi Lexi akan tetap merasa nyaman ketika melewati jalan bergelombang.

Tak berhenti sampai di situ, Yamaha Lexi turut menggunakan sokbreker berbentuk tabung yang akan meningkatkan kualitas berkendara jadi lebih stabil sekalipun sedang melintasi jalan berkelok-kelok.

2.     Memiliki Fitur yang Modern

Selain ukuran desain bodi, fitur Yamaha Fitur juga lebih unggul dari motor lain yang ada di kelasnya. Yamaha Lexi telah dilengkapi sejumlah fitur modern, bahkan pada tipe paling rendah.

Beberapa contoh fitur yang ada yaitu Stop Smart System (SSS)—teknologi yang membuat motor mati secara otomatis ketika tidak digunakan, menggunakan Smart Motor Generator (SMG) pada dapur pacu sehingga motor terasa senyap ketika dihidupkan, serta dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA) .

3. Dilengkapi Mesin Turunan Yamaha Aerox

Urusan mesin, bisa dibilang bahwa kualitas dapur pacu Yamaha Lexi merupakan turunan dari mesin Yamaha Aerox. Performa Yamaha Lexi pun terbilang lumayan. Meski kapasitas mesinnya hanya sebesar 125 cc, tetapi keberadaan teknologi VVA membuat motor ini terasa bertenaga ketika berada di rpm atas.

Lebih detail lagi, Lexi mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 11,8 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi mencapai 11,3 Nm ketika putaran mesin menyentuh angka 7.000 rpm.

Kekurangan Yamaha Lexi

Selain menawarkan sejumlah kelebihan, nyatanya masih ada beberapa bagian dari Yamaha Lexi yang dianggap kurang optimal. Antara lain adalah:

1. Ukuran Bagasi Kecil

Jika dibandingkan dengan Honda Vario 125, ukuran bagasi Yamaha Lexi tidak lebih luas karena belum mampu menampung satu helm full face. Secara keseluruhan motor ini menawarkan bagasi berukuran 12,8 liter.

Meski begitu, bagasi ini masih bisa menampung sejumlah perlengkapan berkendara seperti jas hujan, jaket, sarung tangan, dan air mineral botolan.

2. Tangki Bensin Kecil

Ukuran bodi Yamaha Lexi boleh jadi tampak besar, tetapi sayang ukuran tangki bensinnya lumayan kecil karena hanya mampu menampung 4,2 liter atau setara dengan ukuran tangki Yamaha Mio.

Kabar baiknya, Yamaha Lexi termasuk golongan motor irit BBM sehingga dapat mengurangi intensitas Anda dalam mengunjungi SPBU ketika melakukan perjalanan jauh.

3.     Suspensi Terasa Keras

Kekurangan seri Lexi yang terakhir adalah suspensi terasa keras sekali pun telah menggunakan sokbreker model tabung. Suspensi yang keras menyebabkan pengendara merasa kurang nyaman saat melintasi polisi tidur atau jalan yang berlubang.

Bagi Anda yang berencana mengganti motor dalam waktu dekat, Yamaha Lexi bisa menjadi alternatif. Untuk mendapatkan penawaran harga terbaik, Anda bisa melakukan pemesanan melalui website Blibli. Semoga informasi di atas bermanfaat!