Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri: Sumpah Pemuda Kini Harus Dimaknai dengan Mencetak Prestasi

 


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief memperingati Hari Sumpah Pemuda bersama Karang Taruna Rimbo Pengadang yang dikemas dalam kegiatan Turnamen Bola Voli. Hadir dalam giat ini Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi.

"Saya menyambut baik kegiatan ini setelah sekian lama kegiatan kita terhalang oleh covid-19 meski dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita butuh pemuda yang aktif dan giat melakukan hal positif, salah satunya dengan olahraga," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menekankan, olahraga bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, disiplin, tekad, kerjasama tim, prestasi, kualitas manusia, menanamkam nilai moral dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, mempererat dan membina persatuan dan kesatuan.

"Olahraga ini, apa pun jenis atau cabangnya, pada hakikatnya membantu meningkatkan kualitas diri seperti disiplin, tekad, kerja tim, dan hasrat untuk kebugaran dalam jiwa suatu bangsa. Melalui olahraga inilah dapat diambil nilai-nilai karakter positif yang dapat melatih sikap dan mental kita," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Penasehat DPD Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, sejak Sumpah Pemuda dicetuskan 93 tahun yang lalu, Indonesia terus melahirkan kaum muda milenial yang banyak memberikan inspirasi karena prestasi-prestasi yang membanggakan bangsa dan negera Indonesia di berbagai bidang.

"Meski berbeda-beda suku, agama, ras dan golongan, Sumpah Pemuda dulu telah menyatukan Indonesia. Setelah merdeka, kini tantangannya berbeda. Pemuda kini harus bersumpah untuk mencetak prestasi demi prestasi," tutur Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni SD Negeri 8 Kota Bengkulu ini menjelaskan, memilenialkan Sumpah Pemuda merupakan sebuah tantangan tersendiri karena saat ini para pamuda terutama generasi Z tidak lagi menghadapi kaum penjajah.

"Sekarang, para pemuda atau kaum milenial ini menghadapi bahaya korupsi yang menggurita, narkotika yang merajalela, budaya cabul yang menembus lewat arus globalisasi, perang dingin berbasis teknologi dan aneka tantangan lainnya," terang Hj Riri Damayanti John Latief.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur (SEMAKU) ini menekankan, salah satu tantangan terberat bagi milenial saat ini adalah bumi yang semakin panas karena ulah tangan-tangan manusia yang terlalu rakus dalam mengeksploitasi alam.

"Bengkulu saja sudah merasakan dampaknya berupa banjir saat hujan, kebakaran saat kemarau. Lahan-lahan pertanian semakin menyempit. Apalagi saat pandemi covid-19 masih tinggi-tingginya, ekonomi nyaris ambruk. Jadi sebenarnya tantangan pemuda kini tidak kalah jauh dari pemuda dulu," jelas Hj Riri Damayanti John Latief.

Untuk itu, Alumni Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini mengajak milenial kembali menyalakan api semangat Sumpah Pemuda untuk bangkit, menggiring bangsa ini melaju ke arah yang lebih baik, menginspirasi karena prestasi sebagaimana yang diraih dalam Thomas Cup baru-baru ini.

"Saya yakin milenial sekarang tidak akan kalah dengan milenial abad lalu yang mampu menggaungkan Sumpah Pemuda. Mereka adalah orang-orang yang inovatif, kreatif, inspiratif, mampu membawa perubahan yang positif dan memberikan manfaat bukan hanya untuk orang-orang di sekitarnya, namun juga untuk bangsa dan negara," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. 

Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi dalam paparannya menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan oleh Karang Taruna Rimbo Pengadang. Menurutnya, ini adalah bentuk kepedulian terhadap tumbuh kembang kreatifitas pemuda yang ada di Kabupaten Lebong.

Selain Wakil Bupati, hadir Kepala Dinas BPBD Kabupaten Lebong Fahrurozi, Babinsa Mil 08 Rimbo Pengadang, Ketua KNPI Kabupaten Lebong, Kepala Desa Telok Dien Jhon Kennedy, Ketua Karang Taruna Rimbo Pengadang Riri Agustin.


Turnamen Bola Voli itu sendiri diikuti oleh 32 putra 16 putri yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Lebong, bahkan dari Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.

Keluar sebagai juara putra pertama yakni Tim RSUD A Curup, juara kedua Putra CMS 2 dan juara 3 Arjun Curup. Untuk juara putri pertama yakni Vbrel, juara kedua Valeria dan juara 3 Abal-abal.

Sumpah Pemuda merupakan salah satu momen penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan. Peringatan 93 Tahun Sumpah Pemuda jatuh pada hari ini, Kamis (28/10/2021). [Muhammad Qolbi]